Penumpang Kapal Masih Ramai Setelah Lebaran

Penumpang KM Kirana III
Penumpang KM Kirana III yang bertolak dari Pelabuhan Sampit menuju Pelabuhan Surabaya masih terpantau ramai memilih mudik susulan setelah Lebaran, Sabtu (7/5).(heny/radarsampit)

SAMPIT – Meski sudah memasuki arus balik H+5 Lebaran 1443 H, ternyata masih banyak penumpang kapal yang memilih mudik susulan.

Pantauan Radar Sampit, mulai pukul 06.00 WIB pagi, ratusan penumpang terlihat mengantre untuk melakukan proses check in dan verifikasi dokumen kesehatan oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dipintu masuk Terminal Pelabuhan Sampit.

Penumpang dijadwalkan berangkat pukul 08.00 WIB menggunakan KM Kirana III milik PT Dharma Lautan Utama menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Umi, salah seorang penumpang kapal memilih liburan bersama keluarga setelah Lebaran. Hal itu dikarenakan dia ingin menghindari desakan penumpang.

“Berangkat rombongan 13 orang. Rencananya mau liburan ke Surabaya. Memang sengaja pilih setelah Lebaran, karena enggak mau desak-desakan. Ingin liburan santai aja,” ujarnya.

Berbeda halnya dengan Ardi. Dia mengajak istri dan anaknya memilih mudik setelah Lebaran dengan alasan menyelesaikan urusan.

“Lebarannya di Sampit aja karena ada urusan. Jualan sembako juga sayang kalau libur, saat dekat Lebaran itu lagi ramai-ramainya jualan,” kata Ardi pedagang sembako yang berjualan di Pasar Keramat sejak delapan tahun ini.

Baca Juga :  Pemkab Kotim Gelar Pasar Murah, Tujuh Bahan Pokok Ini yang Dijual

Ardi tak menyangka niatnya pulang setelah Lebaran untuk menghindari desakan penumpang, justru penumpang masih ramai berangkat ke Pulau Jawa.

“Saya mengira penumpang sudah berkurang. Ternyata masih banyak yang mudik setelah Lebaran,” ujarnya.

Manager PT DLU Cabang Sampit Hendrik Sugiharto mengatakan, penumpang yang berangkat Sabtu (7/5) kemarin, berjumlah 706 orang ditambah 13 kendaraan motor, 9 kendaraan mobil dan 9 unit kendaraan logistik.

“Keberangkatan pagi ini Alhamdulillah terisi maksimal sesuai kapasitas. Masih banyak penumpang yang mudik susulan ini kemungkinan karena mereka sudah menyadari bahwa pada moment peak season ramai penumpang dan mungkin saja masih ada penumpang yang belum mendapatkan tiket mudik sehingga mereka mudiknya setelah Lebaran,” bebernya.

Pada arus balik Lebaran, PT DLU menyediakan layanan sebanyak 5 call (keberangkatan). “Ini masih ada dua call lagi ke Semarang dan dua call ke Surabaya. Kapal KM Kirana III dan Kirana I berikutnya dijadwalkan tiba tanggal 10 Mei 2022 ini,” katanya.



Pos terkait