Penurunan Produksi CPO Picu Kenaikan Harga Minyak Goreng

harga minyak goreng naik
PENJUAL SEMBAKO: Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan Dan Perindustrian (DKUKMPP) Kabupaten Lamandau mengungkapkan bahwa lonjakan beberapa komoditas dipicu oleh berkurangnya produksi dan pasokan. Salah satunya kenaikan harga minyak goreng. (ISTIMEWA/RADAR PANGKALAN BUN)

NANGA BULIK – Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan Dan Perindustrian (DKUKMPP) Kabupaten Lamandau mengungkapkan bahwa lonjakan beberapa komoditas dan kebutuhan pokok di pasaran tidak hanya terjadi di Kabupaten Lamandau, tetapi juga hampir di seluruh Indonesia.

Kabid Perdagangan DKUKMPP Lamandau Ratna menjelaskan, secara umum kondisi harga barang kebutuhan pokok dalam kondisi stabil, kecuali minyak goreng, cabai, dan telur ayam ras. “Khusus Lamandau ayam ras juga harganya belum bisa stabil,” katanya.

Dari hasil Rakornas terkait stabilitas harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok jelang natal dan tahun baru, penyebab kenaikan minyak goreng dalam negeri didorong oleh peningkatan harga CPO dunia. Selain itu juga didorong oleh meningkatnya permintaan CPO untuk industri biodiesel B30 dan turunnya produksi CPO nasional.

Sementara itu harga cabai juga mengalami peningkatan dipicu oleh menurunnya pasokan karena masa panen di berbagai sentra produksi sudah memasuki fase akhir. Apalagi saat ini musim penghujan banyak kebun yang terendam air. “Sedangkan kenaikan harga telur ayam ras merupakan penyesuaian harga menuju ke harga normal setelah sempat anjlok beberapa waktu yang lalu,” jelasnya.

Baca Juga :  Ratusan Anak Jalani Suntik Vaksin Dosis II

Selain itu dampak PPKM terhadap kinerja perdagangan dalam negeri, khususnya di pasar rakyat, secara nasional jumlah pedagang yang berjualan menurun 18%-30%. Omzet pedagang yang berjualan juga menurun 13%-30%.

Oleh karena itu jelang Natal dan tahun baru ini, tiap pemerintah daerah harus memastikan kecukupan stok dan ketersediaan barang kebutuhan pokok yang terjangkau bagi masyarakat. Kemudian memastikan pasar rakyat tetap beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan ketat serta mendorong percepatan vaksinasi di lingkungan pasar dan pusat perbelanjaan.

Pos terkait