Periksa Perlengkapan Keselamatan Angkutan Umum

pemeriksaan kendaraan
JELANG NATARU: Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Lamandau telah melaksanakan Inspeksi Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan (Rampcheck). (Istimewa)

NANGA BULIK, radarsampit.com – Jelang Natal dan tahun baru serta liburan sekolah, transportasi umum seringkali jadi andalan masyarakat untuk pergi mudik atau berlibur. Untuk itu, demi menjaga keselamatan penumpang, Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Lamandau telah melaksanakan Inspeksi Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan (Rampcheck).

Sidak alat keselamatan dilakukan di Terminal Gerantung, Nanga Bulik dan Pool Yessoe Nanga Bulik. Rencananya kegiatan serupa juga akan dilakukan kepada sejumlah pengusaha travel di Kota Nanga Bulik.

Bacaan Lainnya

Beberapa komponen yang diperiksa diantaranya adalah Identatitas kendaraan, KP (Kartu Pengawas) kendaraan, Surat-surat kendaraan(SIM, STNK, KIR), dan pemeriksaan teknis lainnya sesuai PP Nomor 55 tahun 2012 pasal 7.

“Dari hasil pemeriksaan lima kendaraan penumpang oleh petugas di lapangan, semuanya laik jalan dan diizinkan beroperasional, namun ada dua kendaraan yang diberikan peringatan dengan catatan untuk segera diperbaiki kekurangannya,” tutur Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lamandau, Triadi.

Baca Juga :  Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Ketahanan Pangan

Untuk itu ia mengimbau kepada perusahan angkutan umum agar melakukan pemeriksaan kondisi dan melakukan perawatan kendaraan rutin setiap hari serta melakukan pengecekkan/penggantian komponen kendaraan yang sudah dalam keadaan tidak berfungsi/rusak/aus/bocor.

“Perusahaan angkutan umum harus  segera melengkapi standar pelayanan minimal angkutan umum penumpang berdasarkan peraturan perundangan-undangan yang berlaku,” imbaunya.

Ia berharap kegiatan mudik dan liburan sekolah di akhir tahun ini bisa berjalan dengan aman dan lancar, nihil kecelakaan lalu lintas. Dan seluruh pengguna jalan dihimbau untuk selalu tertib saat di jalan raya dan memperhatikan keselamatan berlalulintas. (mex/sla)

 

Pos terkait