Perilaku Menyimpang Picu Sebaran HIV/AIDS di Kalteng

Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya,HIV/AIDS,Kalteng,LSL
Srikandi DPRD Kota Palangka Raya ketika usai melaksanakan salah satu agenda rapat paripurna, legislatif dan eksekutif belum lama tadi.(istimewa)

PALANGKA RAYA – RadarSampit.com-Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Susi Idawati, mengaku turut prihatin dengan semakin tingginya angka penderita HIV/AIDS di kota setempat.

“Jika melihat data dari Dinas Kesehatan, sepanjang tahun 2022 dari Januari-September saja ada 98 kasus baru yang tercatat. Sedangkan pada 2021 ada 119 kasus. Ini sangat memprihatinkan,” ujarnya, Senin (7/11).

Menurut Susi, salah satu faktor yang menyebabkan pesatnya sebaran HIV/AIDS adalah adanya pola hidup menyimpang, seperti penyuka sesama jenis, khususnya lelaki seks lelaki (LSL).

“Pola Hidup yang kurang baik merupakan penyebab tingginya sebaran virus ini, maka dari itu pemerintah perlu ambil peran dalam hal penanggulangan HIV/AIDS,” tegasnya.

Susi juga mengatakan, fenomena tersebut saat ini memang tengah menjadi trend dan marak ter-ekspos di media sosial hingga media massa.

Sebenarnya hal tersebut sudah lama terjadi, akan tetapi seiring meningkatnya teknologi dan perkembangan zaman, perilaku menyimpang dengan menyukai sesama jenis semakin merebak.

“Perilaku seks menyimpang ini adalah kelainan secara psikologis dan mental yang terjadi karena banyak hal. Antara lain kekurangan kasih sayang, kurang perhatian dari keluarga ataupun terpapar karena pergaulan dengan ikut-ikutan terjebak dalam perilaku seks menyimpang. Di situ lah virus HIV/AIDS menjadi mudah menyebar,” pungkas Susi. (agf/gus)

Baca Juga :  Kasus Ini Paling Mendominasi di Katingan

 

Pos terkait