Perlu Rp 2 Miliar untuk Penanganan Karhutla di Kobar

Karhutla di Kobar
PENANGANAN KARHUTLA : Anggota Satgas Karhutla Kotawaringin Barat berupaya melakukan pemadaman di kawasan Kilometer 12 jalan Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama beberapa hari lalu. Pemkab Kobar usulkan anggaran Rp 2 Miliar untuk mencukupi kebutuhan penanganan karhutla. (ISTIMEWA/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN – Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar Tengku Ali Syahbana menjelaskan bahwa pihaknya mengusulkan anggaran penanganan kebakaran hutan dan lahan.

“Kami telah mengusulkan anggaran karhutla sebesar Rp 2 miliar,” kata Tengku Alisyahbana.

Bacaan Lainnya

Tengku menjelaskan bahwa selain usulan anggaran dari APBD Kobar juga diusulkan bantuan dari Provinsi Kalimantan Tengah dari anggaran Dana Bagi Hasil (DBH) sektor kehutanan atau dana reboisasi. Namun mengingat masih terjadi Pandemi Covid-19, berdasarkan informasi bantuan tersebut mengalami refocusing.

“Usulan kepada pemerintah provinsi informasinya telah disetujui dan mendapatkan bantuan sebesar Rp 4 miliar, namun bantuan tersebut bukan untuk penanganan karhutla saja, tapi juga untuk penanganan kasus Covid-19. Sehingga dana itu dibagi, tetapi bantuan dari provinsi yang paling besar untuk penanganan kasus Covid-19,” terang Tengku.

Baca Juga :  PT GSDI-GSYM Jalankan Program Pencegahan Kekerasan Pada Anak

Tengku Alisyahbana juga menambahkan bahwa saat terjadi kebakaran di Jalan Pangkalan Bun – Kotawaringin Lama, Satgas Penanganan Karhutla terbantu dengan hujan yang mengguyur kawasan tersebut. “Dalam dua hari hujan mulai turun, namun demikian tim tetap siaga secara bergantian. Tiap hari ada 100 personel gabungan dan saat ini kami tengah membangun kanal dan embung di lahan yang pernah terbakar,” pungkasnya. (rin/sla) 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *