Petugas sampai Lembur Bersihkan Sampah 

Pengangkutan sampah menuju TPA translik Desa Pasir Panjang, yang menumpuk di masa libur lebaran, Rabu (4/5).(istimewa)

PANGKALAN BUN – Perilaku tidak terpuji ditunjukan oleh sejumlah warga yang berkunjung ke kawasan wisata pesisir terpadu Pantai Kubu, Pantai Bogam dan Keraya, di Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat selama libur Lebaran 1443 Hijriah.

Sampah berbagai jenis bekas minuman dan makanan, dibuang sembarangan dan berserakan di beberapa spot wisata, kondisi tersebut membuat kawasan pantai menjadi kotor.

Bacaan Lainnya

Bukan lantaran tidak ada tong sampah, namun masyarakat lebih memilih membuang sembarang tempat sampah dari pada harus bersusah payah membuang ke tempat yang disediakan.

Kendati demikian, petugas kebersihan baik dari Dinas Lingkungan Hidup Kobar, maupun petugas pengelola pantai, pedagang serta para juru parkir bergotong royong membersihkan sampah ketika pengunjung sudah sepi.

Bahkan mereka harus lembur hingga tengah malam membersihkan sampah, sehingga pagi harinya kawasan pantai sudah steril dan bersih dan masyarakat dapat menikmati liburan.

Baca Juga :  Tahun Ini Kasus Ketenagakerjaan Di Seruyan Turun

Salah seorang warga setempat, yang juga mengelola parkir di Gerbang Buaya, Pantai Kubu, Reza mengungkapkan, pihaknya telah menyedian sejumlah tong sampah dibeberapa titik, namun selain ketidakpedulian masyarakat, jumlah pengunjung yang membludak menjadi salah satu faktornya.

“Kami berupaya memberikan pelayanan yang baik, ketika sepi kami bergotong royong, baik itu dari pedagang maupun dari DLH Kobar,” ujarnya, Jumat (6/5).

Kabid PSLB3, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotawaringin Barat Muhammad Suhendra mengatakan, pada H+2 lebaran sampah yang terangkut dari kawasan wisata Bugam Raya mencapai 3,5 ton.

Pos terkait