Piton Teror Peternakan Ayam Petelur di Purbasari

Ular Piton Teror Peternakan Ayam Petelur di Purbasari
ULAR PITON: Diaz anggota Pecinta Reptil Kumai saat merescue ular Piton sepanjang 4 meter dari kandang ayam di Desa Purbasari, Kecamatan Pangkalan Lada, baru-baru ini. (ISTIMEWA/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN – Peternakan ayam di Desa Purbasari, Kecamatan Pangkalan Lada, Kabupaten Kotawaringin Barat diteror ular Piton selama beberapa waktu belakangan.

Sudah tidak terhitung ayam yang ditelan oleh ular yang datang silih berganti ke tempat tersebut. Beberapa ular yang apes dan kepergok penjaga saat memangsa ayam langsung menemui ajalnya.

Kejadian kembali terulang, saat penjaga peternakan akan membersihkan kandang dan memberi makan ayam. Seekor ular Piton dengan panjang empat meteran sedang melahap seekor ayam di dalam kandang.

Karena ular berukuran jumbo, penjaga peternakan ketakutan dan berupaya memanggil salah satu warga Kecamatan Kumai yang sering membantu warga menangkap berbagai jenis ular yang masuk ke rumah-rumah warga.

Proses evakuasi ular tersebut membutuhkan tenaga besar, karena ular itu tidak mudah menyerah bahkan saat ditarik ke luar beberapa kali berusaha menggigit. “Ular berukuran besar dan berada dalam kandang sehingga sulit dikeluarkan, jadi memang butuh tenaga ekstra,” kata Diaz, anggota Komunitas Pecinta Reptil Kumai, Senin (21/2).

Baca Juga :  Gerbang Pantai Kubu Tak Gelap Lagi

Meski sulit, akhirnya ular tersebut berhasil dikeluarkan dari kandang dan kepalanya berhasil ditangkap. Namun saat ditarik keluar ular tersebut justru membelit Diaz.

Di dalam perut ular tersebut diketahui terdapat ayam yang baru ditelannya, karena di bagian tersebut terlihat membesar. Diduga lebih dari satu ekor telah dilahapnya.

Setelah berhasil direscue dan dimasukan karung, ular tersebut rencananya akan dilepaskan di habitatnya yang jauh dari jangkauan manusia atau permukiman penduduk. “Saya mengimbau kepada masyarakat ketika menemui binatang berbisa untuk tidak melakukan penanganan mandiri bila tidak mempunyai keahlian, untuk keamanan bisa menghubungi Damkar maupun dirinya,” pungkasnya. (tyo/sla)

Pos terkait