PPSKI Kalteng Bantu Sediakan Hewan Ternak Berkualitas

sapi soc
BERI BANTUAN: PPSKI Kalteng menyerahkan bantuan berupa obat-obatan dan desinfektan kepada peternak sapi di Palangka Raya, Rabu (12/6/2024)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Perhimpunan Peternak Sapi dan Kebau Indonesia (PPSKI) Kalimantan Tengah (Kalteng) berkomitmen mendukung ketersediaan hewan ternak berkualitas. Baik dari sisi pengelolaan, pengembangan maupun memastikan bebas dari penyakit dan virus.

Sekretaris PPSKI Kalteng Togar S Parulian mengatakan, pihaknya telah memdistribusikan berbagai jenis bantuan kepada peternak sapi, mulai dari vitamin pakan, obat cacing, desinfeksi kandang untuk mencegah penularan penyakit, dan peralatan pendukung kegiatan peternakan lainnya.

Bacaan Lainnya

”Bantuan ini tujuannya tidak hanya untuk meringankan pengeluaran biaya, tapi untuk mendukung para peternak ini bisa menjaga kesehatan hewan ternaknya agar tetap berkualitas,” katanya, Rabu (12/6/2024).

Terlebih menjelang Hari Raya Iduladha, dipastikan permintaan pembeliaan hewan ternak sapi akan mengalami peningkatan.

Oleh sebab itu, penting memastikan kesehatan ternak sapi supaya aman dikonsumsi dan tentunya memenuhi syarat untuk dijadikan hewan kurban.

Baca Juga :  Peluang Ekspor Pertanian Kalteng Terbuka, Ini Potensi Komoditasnya

”Kami turut melakukan pengawasan, terlebih di organisasi ini ada bidang-bidang yang khusus mengecek kesehatan hewan. Selain bicara menjelang Iduladha ini, PPSKI ini akan terus mendampingi peternak mengembangkan usahannya,” ucapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, tujuan membantu penyediaan hewan ternak berkualitas ini tidak sekadar untuk kepentingan peternaknya saja.

Namun, hal tersebut juga dianggap penting karena sektor peternakan merupakan salah satu tulang punggung ketahanan pangan, baik tingkat daerah dan nasional.

Tentunya dengan dukungan dari PPSKI diharapkan para peternak lebih menggiatkan usahanya, baik dari sisi pengembangan kegiatan, pembibitan, penambahan populasi hewan ternak, dan penggemukannya yang nantinya turut mendorong Kalteng menjadi lumbung ternak.

”Jadi, kami ini tidak hanya mengawasi dan memberi bantuan saja, namun kami mengajak mengelola secara bersama-sama supaya tidak persaingan yang negatif dan sesuai visi misi kami,” ucapnya.

Melalui dukungan dari semua pihak, PPSKI optimistis bahwa sektor peternakan Kalteng akan semakin berkembang dalam berbagai lini hingga mampu memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian daerah.



Pos terkait