Ramadan Mendekat, Penumpang Kapal Mulai Meningkat

Ramadan Mendekat Penumpang Kapal Mulai Meningkat
MENINGKAT: Menjelang Ramadan mulai terjadi peningkatan penumpang kapal melalui Pelabuhan Panglima Utar Kumai. Sejumlah penumpang saat antre memasuki kapal milik PT. DLU (ISTIMEWA/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN – Masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat dan sekitarnya tampaknya sudah memilih untuk pulang kampung lebih dahulu melalui Pelabuhan Panglima Utar Kumai. Mendekati ramadan sudah mulai mengalami peningkatan meski belum terlalu signifikan.

Peningkatan jumlah penumpang mulai tampak untuk pembelian tiket kapal PT Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Kumai.

Agus Supriyanto selaku Kepala Kantor PT Dharma Lautan Utama Cabang Kumai mengatakan bahwa aktivitas angkutan penumpang kapal laut selalu diminati masyarakat.

Ditambah adanya penghapusan syarat pelaku perjalanan berupa PCR dan antigen beberapa waktu lalu. “Aktivitas penumpang kapal PT DLU ini mengalami peningkatan menjelang Ramadan,” kata Agus Supriyanto.

Menurutnya, masyarakat yang sudah lama kerja di perantauan ditengarai ingin pulang lebih awal. Sehingga mereka bisa berkumpul dengan sanak saudara di kampung halaman.

“Untuk kenaikan penumpang memang ada, tapi tidak terlalu signifikan. Jika di hari biasa itu sekitar 300 penumpang, mendekati Ramadan mulai ada kenaikan sekitar 10 persen,” katanya.

Kenaikan penumpang ini diprediksi bakal terus terjadi, mengingat tingkat pembelian tiket mudik sudah mulai terjadi. Terutama pada saat awal Ramadan hingga mendekati lebaran itu dipastikan banyak kenaikannya.

Baca Juga :  Kembar Siam Keluar dari Ruang PICU

Sementara itu Antonius Lumban Gaol kepala PT Pelni Cabang Pangkalan Bun mengatakan, untuk angkutan penumpang kapal ini masih biasa saja. Belum ada kenaikan mendekati momen Ramadan.

“Saat ini memang belum ada peningkatan. Namun saat mendekati Idulfitri nanti kemungkinan ada peningkatan,” kata Antonius. (rin/sla)

Pos terkait