Ribuan Orang Padati Haul Akbar Sultan Kotawaringin

haul 3
HAUL: Suasana Haul Sultan Kotawaringin ke-2 di Kecamatan Kotawaringin Lama, Kabupaten Kotawaringin Barat, Minggu (12/3). (Istimewa/Radar Pangkalan Bun)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Ribuan masyarakat tumpah ruah menghadiri Haul Akbar Sultan Kotawaringin ke-2 yang digelar juriat Kesultanan Kotawaringin bersama pondok pesantren Nadjatul Ummah di Astana Al Nursari dan Makam Kuta Tanah di Kecamatan Kotawaringin Lama, Kabupaten Kotawaringin Barat, Minggu (12/3/2023).

Bertolak dari Astana Al Nursari, Menteri Dalam Negeri Kesultanan Kotawaringin Pangeran Arsyadinsyah bersama para muhibin Kesultanan Kotawaringin berkirab dengan membawa kombang campur baur boras kuning, pusaka tombak, pedang, dan kapat sandang (tanda kebesaran kesultanan) diiringi asrakal atau gendang salawat nabi melewati Masjid Jami Kotawaringin menuju Makam Kuta Tanah tempat pelaksanaan haul.

Juru Bicara Sultan Kotawaringin Gusti Achmad Noor S, mengatakan, haul ke-2 para Sultan Kotawaringin di bulan syaban bertepatan dengan wafatnya Pangeran Ratu Adipati Anta Kesuma (Maruhum Begawan) Sultan Kotawaringin pertama Bin Sultan MustainBillah Sultan Banjar ke-4.

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk Puji dan syukur pada Allah SWT atas perjuangan pengorbanan para leluhur Sultan – Sultan Kotawaringin sebagai asbab babat alas membangun Negeri Kutaringin kala itu, sampai perpindahan pemerintahan Kesultanan pada tahun 1806 M ke Suka Bumi, Pongkalan Buun, Kotawaringin Baru.

Baca Juga :  Bangku Halte Depan RSSI Pangkalan Bun Dirusak

“Hal itu dalam rangka mensejahterakan masyarakat Kesultanan kala itu, dengan segala sebabnya maka sudah selayaknya dan tidak berlebihan kiranya kita semua memanjatkan doa haul tahlil kepada Allah SWT,” ujarnya

Kegiatan haul dilaksanakan dengan harapan agar para sultan para leluhur yang membangun negeri Kotawaringin (Kobar, Sukamara, dan Lamandau) kala itu mendapatkan tempat yang mulia di sisi Tuhan YME.

Menurutnya haul para Sultan ke-2 ini merupakan agenda tahunan Juriat Kesultanan yang mana pada tahun 2022 telah melaksanakan haul yang ke-1 di gubah Kuta Tanah makam para Sultan Kotawaringin di Kecamatan Kotawaringin Lama.

“Terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh panitia haul yang di pimpin ayahanda Pangeran Arsyadinsyah selaku Menteri Dalam Kesultanan Kotawaringin, Camat Kolam, Kapolsek Kolam, dan d



Pos terkait