Sembunyi di Dapur, King Cobra Nyaris Celakai Warga

king cobra
EVAKUASI: Personel animal rescue membawa karung berisi ular kobra yang baru saja direscue dari rumah warga di Madurejo, Senin (23/1) (Istimewa/Radar Pangkalan Bun)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Seekor ular jenis King Cobra berwarna hitam pekat nyaris saja mencelakai Edi Puryanto, warga RT 16, BTN Aska Bulan, Jalan H Mustalim, Kelurahan Madurejo, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kobar, Minggu (23/1).

Ular yang terkenal dengan racun yang mematikan tersebut bersembunyi di dapur, beruntung saat berjalan Edi sempat melihat ular tersebut dan secara perlahan beringsut menjauh dari ular.

Tidak ingin gegabah, ia kemudian menghubungi Animal Rescue Damkar Kobar untuk meminta pertolongan rescue binatang melata tersebut.

Kabid Damkar Satpol PP Damkar Kobar Agus Dwi Suhartono menyampaikan sejumlah personel animal rescue diterjunkan setelah mendapat laporan dari warga.

“Dibekali dengan peralatan rescue seperti stik tim langsung meluncur ke lokasi yang dimaksud,” ujarnya.

Menurutnya butuh kehati-hatian untuk rescue ular dengan panjang 1 meter tersebut, karena salah perhitungan bisa-bisa membuat personel celaka. Personel yang sudah dibekali keahlian menangkap ular tersebut membutuhkan waktu kurang dari 15 menit untuk menangkap ular tersebut.

Ular dimasukan ke dalam karung dan dibawa ke Mako Damkar untuk nantinya diserahkan atau dilepasliarkan ke habitatnya yang jauh dari permukiman penduduk.

Baca Juga :  Makin Mudah! Inilah Fitur Layanan Aplikasi Jamsostek Mobile (JMO)

Ia mengimbau agar masyarakat segera melaporkan kepada Mako Damkar bila menjumpai ada hewan liar yang berbahaya, dan tidak melakukan penanganan mandiri bila tidak berpengalaman. “Segera laporkan ke hotline kami, jangan menangani sendiri kalau tidak punya keahlian,” pungkasnya. (tyo/sla)

 

 

 

 

 

Pos terkait