Setelah Mati Berhari-hari, Traffic Light Simpang KNPI Kembali Berfungsi

lampu merah
KEMBALI BERFUNGSI : Traffic light diperempatan Jalan Jenderal Ahmad Yani- Yos Sudarso yang tadinya tidak berfungsi selama berhari-hari, kini kembali berfungsi, Kamis (14/3/2024). (HENY/RADAR SAMPIT)  

SAMPIT, radarsampit.com – Traffic light di perempatan Jalan Jenderal Ahmad Yani – Yos Sudarso atau simpang KNPI kembali berfungsi. Alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL) ini sempat padam berhari hari sehingga membahayakan pengendara lalu lintas.

“Traffic light di dekat KNPI sudah selesai diperbaiki oleh tenaga teknisi kami. Masalahnya karena system control mengalami error sehingga harus direset ulang,” kata Rino Mulya, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dishub Kotim, Kamis (14/3/2024).

Bacaan Lainnya

Sementara itu, traffic light di perempatan Jalan Pemuda-Pramuka-Tjilik Riwut yang dikelola Balai Pengelola Tranportasi Darat (BPTD) Kemenhub Wilayah XVI Provinsi Kalteng belum fungsional  lebih dari sebulan.

“Dari 16 traffic light di Kota Sampit, 15 titik menggunakan arus AC dan hanya di titik Jalan Pemuda- Pramuka yang dikelola Pemprov Kalteng ini menggunakan solar cell dari cahaya matahari. Karena, komponennya rusak, jadi diubah menggunakan listrik PLN. Dari arus direct current (DC) menjadi arus listrik alternating current (AC) dan ini harus melalui proses lelang, saat ini masih dibuat RAB-nya,” ujarnya.

Baca Juga :  Irawati: Kotim Harus Bebas dari Narkoba

Dikarenakan tipe arus listrik searah dari Pramuka, petugas teknisi Dishub Kotim terpaksa menonaktifkan sementara agar tidak menimbulkan masalah di ruas jalan tersebut.

“Traffic light sudah  off sejak 18 Januari 2024 lalu. Mudah-mudahan pertengahan Ramadan atau setelah Lebaran traffic light bisa kembali berfungsi,” tandasnya. (hgn/yit)



Pos terkait