Setelah Prabowo-Gibran Sah Menangkan Pilpres 2024

Mulai Kuatkan Koalisi dan Matangkan Program, Ganjar-Mahfud Absen Penetapan

prabowo subianto
REKONSILIASI: Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (kanan) menyambut kedatangan Presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto (kiri) di Kantor DPP PKB, Jakarta, Rabu (24/4/2024). (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA/WPA)

Pasangan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka resmi ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih dalam Pemilu 2024. Penetapan dilakukan melalui rapat pleno di Kantor KPU RI, kemarin, menyusul tuntasnya proses hukum di Mahkamah Konstitusi.

======== | radarsampit.com

Bacaan Lainnya

Proses penetapan berlangsung cukup ramai. Dimulai pukul 10.00 WIB, semua unsur petinggi Koalisi Indonesia Maju (KIM) hadir di lokasi. Selain itu, hadir juga pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Keduanya diikuti unsur Partai PKB dan PKS. Sementara Nasdem absen.

Berbeda dengan paslon nomor 1, Ganjar-Mahfud memilih absen. Namun dari anggota koalisinya, ada PPP yang hadir diwakili Ketua Umum Mardiono dan Sekjen Arwani Thomafi.

Usai ditetapkan, Prabowo menekankan proses pemilu telah usai. Diakuinya, sepanjang tahapan ada banyak persaingan, perdebatan tajam bahkan panas. Situasi itu tuntutan dari sistem demokrasi untuk memberikan keragaman pilihan pada pemilih.

Baca Juga :  Ini Sebabnya Peredaran Narkoba Masih Tinggi

Namun sekarang telah selesai, sehingga saatnya semua elemen kembali bersatu. “Sekeras apapun, setajam apapun, kita menyadari bahwa kita tetap satu rumpun, satu keluarga besar,” ujar Prabowo.

Mantan Danjen Kopassus itu menyadari, tidak semua pihak puas dengan hasilnya. Hal itu pun pernah beberapa kali dia rasakan di Pilpres sebelummya. “Mas Anies, Mas Muhaimin, Saya pernah berada di posisi anda. Saya tahu senyuman anda berat sekali itu,” kata Prabowo disambut gelak tawa hadirin.

Namun, Prabowo berharap kekecewaan itu diakhiri. Setelah Pilpres usai, dia mengajak semua elit bekerja sama dan kolaborasi untuk membawa kebaikan bagi bangsa. Prabowo siap menjadi presiden untuk semua lapisan masyarakat. “Termasuk yang tidak memilih saya,” tegasnya.

Sementara itu, Pasangan Calon Nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar tampil kompak saat penetapan Prabowo-Gibran di KPU. Kepada media, Anies menganggap semua tahapan pemilu sebagai bagian dari proses bernegara.

”Kita menghormati proses bernegara ini hingga tuntas. Karena itulah kita hadir bersama di sini menghormati proses,” ujarnya. Hal senada juga disampaikan Cak Imin yang mendampinginya.



Pos terkait