Tanah dan Air Sakral Kalteng Dikirim ke IKN

Tanah dan Air Sakral Kalteng Dikirim ke IKN
PROSESI : Wagub Kalteng Edy Pratowo didampingi Pj Sekda Kalteng Nuryakin serta beberapa tokoh Kalteng melaksanakan prosesi pemberangkatan tanah dan air penting yang sakral di Kalteng menuju IKN Nusantara untuk disatukan bersama tanah dan air dari seluruh Indonesia. IST/RADAR SAMPIT

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) mengirim tanah dan air ke Ibu Kota Negara (IKN) di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim). Tidak main-main, tanah dan air yang dikirim merupakan sampel dari seluruh wilayah Kalteng yang tediri dari 14 kabupaten/kota.

Pengiriman sampel tanah dan air tersebut dilakukan sebagai prosesi penyatuan tanah dan air di Ibu Kota Negara (IKN) dari seluruh wilayah Indonesia yang akan dilakukan Presiden RI Joko Widodo saat kunjungan ke IKN Nusantara dalam waktu dekat.

Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo memimpin langsung pemberangkatan sampel utama tanah dan air Kalteng, Sabtu (12/3).

Dia menyampaikan, pemberangkatan tanah dan air dari seluruh Kalteng merupakan sebagai bagian dari rangkaian kunjungan kerja Presiden RI ke titik nol IKN, sekaligus melaksanakan penyatuan tanah dan air dari daerah-daerah di Indonesia.

“Momen ini sangat bersejarah dan bersama kita mengambil peran untuk menjadi bagian penting dari dinamika serta perjalanan Bangsa Indonesia. Pada tanggal 14 Maret 2022, kita akan bersama menyaksikan sebuah peristiwa langka, yaitu penyatuan tanah dan air dari seluruh wilayah Indonesia di titik nol IKN. Sebuah peristiwa langka yang menjadi simbol akan penyatuan seluruh elemen Bangsa menuju Indonesia baru,” ucapnya.

Baca Juga :  Pejualan Miras Tak Berizin masih Marak

Kegiatan tersebut pertama kali dilaksanakan, serta sangat mungkin untuk menjadi satu-satunya yang pernah disaksikan. “Sebelumnya kita secara bersama mengumpulkan tanah dan air dari seluruh kabupaten/kota se-Kalteng, untuk kemudian disatukan dan akan dibawa menuju IKN,” ujarnya.

“Kita patut berbangga akan kesempatan untuk dapat ikut serta dalam moment bersejarah ini. Hal ini membuktikan bahwa Kalteng adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegasnya.

Kemajuan Bangsa Indonesia adalah harapan serta tujuan bersama, yang pada akhirnya nanti juga akan berdampak bagi kemajuan Provinsi Kalteng. “Mari kita berkomitmen untuk turut serta menyukseskan pembangunan Bangsa,” pungkasnya. (ewa/fm)



Pos terkait