Tanamkan Kecintaan Lagu Daerah Melalui Lomba Paduan Suara

open utama
FOTO BERSAMA: Ketua TP PKK Kotim Khairiah Halikinnor, dewan juri, serta panitia foto bersama dengan juara lomba paduan suara Mars Habaring Hurung, Kamis (25/1/2024). (YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Sebanyak 14 tim dari perguruan tinggi dan SMA/SMK/MA di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengikuti lomba paduan suara Mars Habaring Hurung, Kamis (25/1/2024).

Kegiatan itu merupakan salah satu upaya menanamkan kecintaan terhadap lagu daerah pada generasi muda.

Bacaan Lainnya

Lomba paduan suara tingkat kabupaten yang diprakarsai Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) itu merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT Kotim ke-71.

Ketua TP PKK Kotim Khairiah Halikinnor mengatakan, kelestarian lagu daerah perlu ditingkatkan dengan cara memperkenalkan ke semua generasi, terutama kaum muda dan dalam upaya peningkatan pembangunan karakter generasi muda yang kreatif dan mandiri melalui pengembangan seni musik.

Untuk mewujudkan hal tersebut, TP PKK Kotim menggelar lomba paduan suara yang merupakan sebuah kegiatan pembentukan tim paduan suara dan orkestra yang terdiri dari generasi muda berbakat perwakilan dari mahasiswa/mahasiswi dan pelajar SMA/SMK/MA sederajat di Kotim

Baca Juga :  Jadwal Porprov Belum Jelas, Masih Menunggu Keputusan Gubernur Kalteng

”Kenapa kami lomba kan, karena ini juga merupakan instruksi dari bupati, agar semua kegiatan setelah Indonesia Raya harus menyanyikan Mars Habaring Hurung. Selama ini banyak yang tidak hafal, bahkan mungkin ada yang tidak pernah mendengar. Sebab, mars ini biasa didengarkan pada saat 17 Agustus dan HUT Kotim. Mulai sekarang kepada pelajar maupun mahasiswa bisa mengenalkan atau menghafalkn lagu ini, agar setiap acara di sekolah terus menyanyikan lagu ini setelah lagu wajib Indonesia Raya,” ujarnya.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat mendukung kreativitas, kemandirian, dan sportivitas bagi mahasiswa dan pelajar di Kotim. Serta mampu memberikan nilai positif pada generasi muda dalam menumbuhkan semangat kedaerahan melalui nilai-nilai budaya daerah melalui Mars Habaring Hurung.

Lomba paduan suara Mars Habaring Hurung bagi mahasiswa/mahasiswi dan pelajar mengusung tema ‘Dengan Mars Habaring Hurung Menciptakan Generasi Muda yang Kreatif dan Mandiri’.



Pos terkait