Tekanan Darah Tak Stabil, Kondisi Tukul Arwana Masuk Fase Akut

tukul arwana
Ilustrasi Tukul Arwana (Istimewa)

Tim dokter Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON), Cawang, Jakarta Timur, menyampaikan keterangan singkat terkait kondisi terkini Tukul Arwana. Para dokter yang tengah menangani Tukul adalah dr. Sardiana Salam, Sp.S,M.kes, dr. Arief Rahman Kemal, Sp.S dan dr. Ricky Gustanto Kurniawan, Sp.S.

Sardiana mengungkapkan, kondisi Tukul Arwana saat ini masih memasuki fase akut. Hasil pemantauan, tekanan darah Tukul dalam posisi naik turun. Terkadang stabil tapi bisa tiba-tiba mengalami kenaikan.

“Ada obat anti hipertensi yang kami berikan,” ucap sang dokter dalam jumpa pers virtual kepada awak media, Senin (27/9).

Sardiana juga menyatakan, pada saat dilarikan ke rumah sakit beberapa hari lalu, terdapat perdarahan sekitar 80 cc di otak Tukul. Perdarahan ini diduga terjadi diakibatkan oleh penyakit hipertensi yang tidak terdeteksi.

“Sebenarnya pada saat melakukan vaksin sudah diketahui tekanan darahnya 160/100, tapi pada waktu itu masih bisa vaksin karena memanng untuk vaksinasi batasannya 180/100,” ungkapnya.

Dia juga mengungkapkan, Tukul saat ini sudah bisa merespons. Namun dengan fase akut tersebut, respons yang diberikan pasien memang masih terbatas. Fase akut pada pasien, menurutnya, biasanya terjadi sekitar 3 minggu atau 21 hari.

Baca Juga :  Marion Jola: Nyanyi Oke, Akting? Nanti Dulu!

“Kalau untuk penyembuhannya itu tergantung dengan kondisi pasien,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Tukul Arwana dilarikan ke rumah sakit Pusat Otak Nasional (PON), Rabu (22/9), akibat mengalami stroke ditandai dengan terjadi pendarahan pada bagian otak. Di hari yang sama, dokter yang menanganinya melakukan tindakan operasi. Prosesnya berlangsung dari pukul 21.30 sampai pukul 02.00 WIB. Proses operasi Tukul dikabarkan berjalan lancar.(JPG)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *