Tersangkut Korupsi Dana Desa, Mantan Sekdes Kerabu Divonis 3 Tahun Penjara

vonis tipikor
SIDANG VONIS: JPU Kejari Kobar Novan ketika mengikuti sidang Tipikor melalui virtual atas kasus Mantan Sekdes Kerabu bernama Mastur baru ini. 

PANGKALAN BUN, RadarSampit.com- Mantan Sekretaris Desa Kerabu, Kecamatan Arut Utara, Kabupaten Kotawaringin Barat, Mastur diganjar hukuman tiga tahun penjara.

Kajari Kobar Makrun melalui Kasi Pidsus Yushar mengatakan bahwa Mastur yang merupakan mantan Sekretaris Desa Kerabu periode tahun 2016-2019 telah menjalani beberapa kali sidang hingga akhirnya divonis tiga tahun penjara.

Putusan ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa yaitu empat tahun penjara. Selain hukuman penjara, Mastur juga diwajibkan membayar denda sebesar Rp. 100.000.000 (seratus juta rupiah) dengan subsidiair 4 (empat) bulan kurungan penjara.

Menurutnya apapun putusannya, Jaksa Penuntut Umum sudah melakukan upaya sesuai dengan perbuatannya. Selain itu semua barang bukti juga sudah disampaikan, termasuk dengan BAP yang disampaikan pada saat pemeriksaan.

Hakim juga menghukum terdakwa untuk membayar Uang Pengganti (UP) sebesar Rp.948.562.537 dan denda ini juga diberikan waktu selama satu bulan lamanya untuk segera dibayarkan.

Jika nantinya terdakwa tidak membayar uang pengganti paling lama sesudah memperoleh kekuatan hukum tetap tentunya akan diberikan hukuman tambahan.

Baca Juga :  Konsultasi Berujung "Kumpul Siri"

“Kalau tidak bisa membayar harta benda terdakwa dapat disita dan dilelang untuk menutupi uang pengganti. Harta benda yang dibayarkan nantinya juga akan dihitung,” katanya.

Apabila harga benda milik terdakwa tidak dapat menutupi ganti rugi negara, tentunya akan mendapatkan hukuman tambahan. Putusan tersebut adalah diganti dengan pidana penjara selama satu tahun penjara.

Pos terkait