Tertimpa Kabel Listrik, Pengendara Motor Nyaris Celaka

celaka
PEMBERSIHAN: Warga saat membersihkan sisa dahan yang berhamburan di Jalan Topar Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kobar, Jumat (22/12/2023). (ISTIMEWA/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Salah seorang pengendara yang melintas di Jalan Topar, Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, (Kobar) nyaris celaka akibat tertimpa kabel listrik bertegangan tinggi yang putus, Jumat (22/12/2023).

Tangan pengendara roda dua tersebut sempat bergetar hebat ketika berusaha melepaskan kabel dari badannya dengan kondisi kendaraan masih melaju. Beruntungnya pengendara tersebut selamat meski tanganya kram.

Bacaan Lainnya

Peristiwa tersebut menjadi peringatan, baik bagi PLN maupun BPBD Kobar agar memperhatikan kabel dan pohon yang tua mengering. Hal itu dinilai berbahaya bagi keselamatan masyarakat, terutama pengguna lalu lintas.

Salah seorang warga Pasir Panjang, Susan, menuturkan, sebelum peristiwa itu, ia berada di belakang pengendara motor nahas tersebut dari arah jalan utama Pasir Panjang dan berbelok ke kanan menuju Jalan Topar, arah Kalimati Lama. Tiba-tiba dahan salah satu pohon peneduh berukuran besar patah dan menimpa kabel jaringan listrik.

Baca Juga :  Sekali Hujan, Jalan GM Arsyad Pangkalan Bun Kebanjiran

”Kabel itu putus tepat di atas pengendara tersebut. Dia berusaha menghindar, tapi kabel sudah mengenai badannya dan ia mencoba menepis kabel dengan tangannya, namun kena setrum dan bergetar tangan orang itu,” ujarnya.

Pengendara roda dua itu kemudian berhenti sejenak untuk menetralisir pengaruh sengatan listrik. Lalu meminta bantuan masyarakat sekitar untuk menyingkirkan kabel agar tidak ada pengendara yang terkena strum.

Warga yang berdatangan kemudian menyingkirkan kabel dan membersihkan jalan dari dahan dan ranting yang bersebaran di tengah jalan. Dia berharap peristiwa tersebut menjadi catatan penting bagi PLN, DLH, dan BPBD Kobar untuk berkoordinasi dan memotong dahan dan pohon yang sudah tua dan rawan tumbang.

”Beruntung tidak ada korban. Andai dahan besar itu yang menimpa saya, tidak tahu nasib pengendara roda dua tadi. Mohon dinas terkait agar memperhatikan hal ini, agar tidak ada korban di kemudian hari,” katanya. (tyo/ign)



Pos terkait