Tip Aman Berkendara Motor pada Malam Hari

Tip Aman Berkendara Motor pada Malam Hari
Ilustrasi

Berkendara sepeda motor terlebih di malam hari karena aktivitas harian, berkendara jarak jauh maupun touring, juga membutuhkan konsentrasi dan hal lainnya yang perlu diperhatikan.

Dengan kondisi malam yang gelap, jalanan yang lebih sepi dan fisik yang harus lebih terjaga, maka pengendara perlu meningkatkan kewaspadaannya. Tak boleh sembarangan.

Untuk tetap aman dan nyaman berkendara sepeda motor pada malam hari, Yamaha Riding Academy (YRA) membagikan sedikit tipsnya. ”Kami menghimbau kepada konsumen agar selalu berhati hati saat berkendara motor terutama saat malam hari, karena kondisinya yang berbeda dengan siang hari,” ungkap Supriyanto, Manager Promosi Main Dealer Yamaha PT Lautan Teduh Lampung melalui keterangan tertulisnya.

Pertama, pastikan motor dalam keadaan baik, terutama bagian lampu (lampu utama/depan, lampu rem, lampu senja, lampu sein). Gunakan juga safety gear berwarna cerah, jika berwarna gelap disarankan ada reflektornya agar mudah terlihat oleh pengendara lain.

Pastikan juga untuk menggunakan helm dengan visor bening dan bersih, hindari visor yang baret dan visor gelap karena akan membuat pandangan tidak jelas dan pastikan kondisi fisik pengendara dalam keadaan baik dengan cukup istirahat atau tidur.

Baca Juga :  Masih Perlukah Memanaskan Mesin untuk Mobil Keluaran Terkini?

Selain equipment dan safety gear yang memadai, perlu juga untuk menghafal kondisi medan jalan. Disarankan hafal kondisi jalan dan situasi agar aman dan selamat sampai tujuan.

Jika sudah, tentukan rute yang akan dilewati, hindari rute yang sepi agar terhindar dari kejahatan atau begal. Jika sudah larut malam sebaiknya hindari berkendara sendiri.

Jaga jarak aman dengan pengendara di depan, saat malam hari buat jarak lebih jauh dibanding pada siang hari.

Jaga kecepatan aman, gunakan kecepatan yang selalu bisa terkontrol oleh pengendara dan jaga emosi untuk tidak terpancing “ngebut” dengan pengendara lain atau karena kondisi jalan yang sepi. Supaya terlihat oleh pengendara lain, hunakan lampu jauh atau high beam saat diperlukan, untuk menghindari pengendara di depan terganggu karena silau.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *