UKT di UPN Veteran Jawa Timur Naik, ITS dan Unair Tetap

kampus
KAMPUS BELA NEGARA: Potret UPN Veteran Jawa Timur. UPN membuka lowongan CPNS dosen terbanyak. (Septinda Ayu/Jawa Pos)

SURABAYA, radarsampit.com – Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur turut melakukan penyesuaian UKT berdasar Permendikbudristek No 2 Tahun 2024.

Dari penyesuaian itu, ada beberapa besaran yang naik dan turun. Sebab, golongan UKT juga ditambahkan. Misalnya, yang awalnya hanya enam kini tujuh.

Wakil Rektor I Bidang Akademik UPN Veteran Jawa Timur Euis Nurul Hidayah mengatakan, penetapan besaran tersebut telah melalui persetujuan Kemendikbudristek. Mengingat, saat ini UPN Veteran Jawa Timur masih bersifat perguruan tinggi negeri badan layanan umum.

”Ada tahap-tahap yang harus dilalui sebelum besaran itu ditetapkan,” ungkapnya.

Sementara itu, sebagai PTNBH, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Airlangga (Unair) tidak mengubah besaran UKT yang telah ada. Sebab, besaran tersebut dianggap telah sesuai dengan Permendikbudristek No 2 Tahun 2024.

”Sudah sesuai, jadi tak perlu ada perubahan,” ungkap Wakil Rektor II Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sarana-Prasarana ITS Mas Agus Mardyanto.

Dia juga mengatakan, ketetapan itu sudah disosialisasikan. Bahkan bisa diakses di laman resmi ITS. ”Saya rasa semua universitas juga memberikan informasi yang demikian,” ujarnya.

Baca Juga :  Irjen Teddy Harus Dijerat Pasal Berlapis dan Pemberatan

Terpisah, Direktur Keuangan Unair Ardianto mengatakan, komunikasi antara kampus dan mahasiswa harus berjalan dengan baik. Informasi harus bisa diakses melalui media sosial, surat edaran, hingga di laman resmi.

”Serta harus terbuka terhadap mahasiswa sehingga kesalahpahaman bisa terhindarkan,” ujarnya. (mia/ann/c19/ttg)



Pos terkait