Angkut Jemaah Calon Haji, Pemkab Kotim Carter Nam Air ke Embarkasi Banjarmasin

jemaah haji kotim
KEBERANGKATAN:  Keberangkatan calon jemaah haji dari Bandara Haji Asan Sampit menuju Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin menggunakan carter pesawat NAM Air, Sabtu (18/5/2024) pagi. (Heny/Radar Sampit)

Keberangkatan calon jemaah haji asal Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menuju embarkasi Banjarmasin berjalan lancar. Sebanyak 161 jemaah mendapatkan kemudahan layanan carter pesawat yang difasilitasi Pemkab Kotim.

HENY, Sampit | radarsampit.com

Bacaan Lainnya

Selasar Bandara Haji Asan Sampit mendadak ramai dikunjungi calon jemaah haji. Mengenakan seragam batik marun lengkap dengan slayer, mereka tiba sebelum matahari terbit.

Satu per satu jemaah mulai menuju ruang tunggu keberangkatan melewati pintu masuk keberangkatan. Barang yang dikenakan jemaah diskrining detektor sebanyak dua kali di dua titik yang berbeda menggunakan mesin X-Ray.

Suara riuh jemaah sedikit meredam ketika suara adzan subuh berkumandang tepat pukul 04.06 WIB. Arahan dari panitia terdengar nyaring memberikan instruksi mengarahkan jemaah menuju musala yang berada tak jauh dari sisi kanan pintu masuk keberangkatan.

“Ayo bapak-ibu bagi yang ingin salat subuh segera salat karena pesawat akan segera berangkat,” ucap suara pria melewati pengeras suara.

Sebagian jemaah lainnya banyak pula yang masuk lebih dulu memenuhi ruang tunggu. Selama menunggu keberangkatan, jemaah diberikan roti dan air mineral sebagai pengganti sarapan.

Baca Juga :  Puluhan Bacaleg Kotim Belum Memenuhi Syarat

Tak lama berselang, satu per satu tiket boarding pass jemaah dicek petugas dan jemaah diarahkan melangkah keluar melewati pintu kaca sensor otomatis menuju pesawat NAM Air Boeing 737 500 dengan nomor penerbangan IN1720 yang sudah terparkir tak jauh dari pandangan.

Seorang perempuan yang menjadi salah satu dari calon jemaah haji Kotim yang menggunakan kursi roda diprioritaskan naik lebih dulu, dibantu oleh pertugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Sampit.

Pesawat berkapasitas 120 seat itu diisi 118 penumpang yang terdiri dari 97 CJH dan sisanya para pejabat serta panitia. Pada penerbangan pertama nampak hadir Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kotim  Imam Subekti, Wiyono Wakil Ketua IPHI Kotim, Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kotim Rihel, Kabag Kesra Kotim Kurniawan Wibowo, Kadishub Kotim Suparmadi, Kabid Keselamatan dan Perparkiran Dishub Kotim, Kepala Kemenag Kotim Khairil Anwar sebagai Ketua Kloter 6 yang juga berkesempatan berangkat ke Tanah Suci, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Tiariyanto beserta staf dan unsur panitia serta jurnalis Radar Sampit yang juga berkesempatan meliput hingga jemaah tiba di Bandara Syamsudin Noor.



Pos terkait