Vespa Sengat Warga, Animal Rescue Bertindak

Vespa Sengat Warga pangkalan bun Animal Rescue Bertindak
SARANG TAWON: Tim Animal Rescue Damkar Kobar saat melakukan evakuasi sarang tawon di rumah warga, Minggu (13/2) (ISTIMEWA/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN – Tim Animal Rescue Pemadam Kebakaran Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menghancurkan dua sarang tawon berukuran besar di plafon rumah warga. Tawon Ndas (Vespa Afinis) yang dikenal berbahaya dan mematikan tersebut diketahui sempat menyerang anak-anak yang bermain di bawahnya.

 

Mengingat berbahayanya keberadaan sarang tawon tersebut dan untuk keselamatan warga, Animal Rescue melaksanakan pemusnahan sarang tawon tersebut.

 

Kabid Pemadam Kebakaran, Satpol PP Damkar Kobar Agus Dwi Suhartono mengatakan, sarang tawon yang dievakuasi timnya berada di dua tempat, dan di lokasi yang ke dua sarang tawon yang dihancurkan berukuran besar sekitar 50 centimeter. “Ada dua lokasi sarwon yang kita evakuasi, yaitu di Perumahan Griya Bumi Permai dan di Jalan HM Taher Kecamatan Kumai,” ujarnya, Senin (14/2).

 

Ia membenarkan bahwa tawon ndas atau oleh masyarakat Kobar dikenal dengan tabun tersebut sempat menyerang anak-anak, sehingga ketika laporan masuk animal rescue dengan cepat bergegas ke lapangan. Menurutnya penghancuran sarang tawon tersebut dilakukan dengan menggunakan bahan ramuan yang disemprotkan ke sarang tawon tersebut, pihaknya tidak mengasapi karena Sarwon berada di plafon rumah warga.

Baca Juga :  Lamandau Jalani Penilaian Anugerah Parahita Ekapraya

 

“Alhamdulillah, evakuasi berjalan dengan lancar dan dalam melaksanakan tugas anggotanya dibekali dengan perlengkapan keamanan termasuk pakaian dan helm,” ungkapnya.

 

Ia mengingatkan berbahayanya sarang tawon tersebut, bila masyarakat menemukannya agar tidak dilakukan penanganan mandiri, lebih baik segera lapor ke Mako Damkar melalui hotline yang tersedia. Permintaan evakuasi baik sarwon maupun binatang berbisa seperti ular serta kejadian kebakaran permukiman tidak dipungut biaya alias gratis. (tyo/sla)

 

 



Pos terkait