Warga Lamandau Antusias Ikuti Kontes Durian Lokal

kontes durian lamandau
ANTUSIAS: Masyarakat Lamandau saat mengikuti Kontes Durian Lokal di Kabupaten Lamandau. (BIB/RADAR SAMPIT)

NANGA BULIK, radarsampit.com – Kontes durian lokal yang digelar Pemerintah Kabupaten Lamandau disambut antusias masyarakat yang ramai-ramai mengikuti kegiatan itu.

Acara yang dilaksanakan di halaman GPU Lantang Torang itu sebagai upaya melestarikan dan mengembangkan buah durian daerah tersebut, Rabu (31/1/2024).

Bacaan Lainnya

Pantauan di lapangan, masyarakat dari berbagai desa ikut serta memeriahkan kontes durian. Warga mulai berbondong-bondong sejak pukul 09.30 WIB, menyaksikan dan mengikuti kontes tersebut.

PJ Bupati Lamandau Lilis Suriani mengatakan, kontes durian bertujuan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas, dan pemulihan ekonomi masyarakat di Lamandau. Khususnya pada sektor pertanian jenis buah-buahan.

“Dengan diselenggarakannya kontes durian lokal ini, saya berharap dapat ditemukan varietas durian unggul lokal yang menjadi ciri khas Lamandau, yang ke depannya dapat didaftarkan ke Kementerian Pertanian. Durian lokal terbaik ciri khas Lamandau itu akan menjadi buah durian unggulan nasional,” kata Lilis.

Baca Juga :  Pendaftaran Balap Ces Dibuka Mulai Besok

Durian lokal unggulan Lamandau memiliki kualitas rasa dan tekstur yang cukup baik. Tak kalah dengan durian dari daerah lain.

“Kami bangga terhadap petani lokal di Lamandau yang telah menjaga kebun durian dengan penuh dedikasi, tetapi juga merayakan kebersamaan dan keunikan budaya lokal yang kita miliki,” katanya.

Seorang peserta kontes mengaku senang dengan kegiatan itu. Walaupun jauh-jauh dari Desa Jemuat, dia menyempatkan waktunya mengikuti kontes.

“Semoga kontes durian lokal ini dapat dilaksanakan setiap tahun. Saya yakin kegiatan ini akan mengundang wisatawan, baik lokal maupun dari luar daerah. Ini tentunya akan menambah nilai perekonomian bagi kita masyarakat Lamandau,” katanya. (bib/ign)

 



Pos terkait