Waspada, Debit Air DAS Katingan Meningkat

DAS Katingan,debit air,jalan terendam,Katingan,banjir,banjir kalteng,banjir katingan
Jalan tergenang, dan tim gabungan memasang rambu peringatan bahaya banjir di jalan ruas kabupaten Katingan, Jumat (7/10). (istimewa)

KASONGAN-RadarSampit.com– Polsek Tewang Sanggalang Garing dan Pulau Malan, bersama tim gabungan memasang tanda atau rambu jalan yang terdampak banjir di wilayah kecamatan setempat.

Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo melalui Kapolsek Tewang Sanggalang Garing dan Pulau Malan Ipda Didik Suhardianto menyampaikan, pemasangan rambu untuk menjaga keamanan, keselamatan dan ketertiban, serta kelancaran berlalu lintas.

Bacaan Lainnya

“Rambu peringatan telah dipasang, mengingat air yang menggenang di jalan tersebut cukup dalam dan panjang,” ujarnya, Jumat (7/10).

Kemudian lanjut Didik, pemasangan rambu peringatan ini bertujuan agar masyarakat pengguna jalan lebih berhati-hati, saat melintasi jalan yang tergenang banjir, sehingga dapat mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Selain itu, pihaknya melakukan pengecekan dan pemantauan pemukiman warga yang terdampak banjir akibat luapan sungai Katingan yang disebabkan oleh hujan dengan intensitas tinggi dalam beberapa hari belakangan ini.

Baca Juga :  Korban Banjir Kelelahan dan Perlu Bantuan

“Hasil pemantauan kami dilapangan, di wilayah ini terdapat beberapa tempat yang tergenang  air mulai menggenangi jalan komplek dan pekarangan atau halaman rumah. Tapi masih tidak ada ditemukan rumah yang tergenang air, ” papar Didik.

Ia menambahkan,  untuk wilayah hulu, yaitu Kecamatan Katingan Hulu dan Marikit mengalami penurunan debit air dari hari sebelumnya. Dan hingga kemarin, banjir sudah berada di wilayah Pulau Malan dan terpantau masih belum ada penurunan debit air dari hari sebelumnya. Sedangkan DAS Katingan mengalami kenaikan  kurang lebih 10 sampai dengan 15 sentimeter, dibandingkan hari sebelumnya. (sos/gus)

 

Pos terkait