Waspada, Wilayah Ini Langganan Banjir

katingan,waspada banjir
Kondisi ketinggian air di Desa Tumbang Sanamang, Kecamatan Katingan Hulu usai diguyur hujan, Jumat (5/11). (istimewa)

KASONGAN- Wilayah hulu Kabupaten Katingan kembali diterjang banjir. Dalam beberapa hari terakhir, intensitas hujan di wilayah ini cukup tinggi dan mengakibatkan debit air DAS Katingan meningkat.

Kapolres Katingan AKPB Paulus Sonny Bhakti Wibowo mengatakan, banjir kembali merendam di Desa Tumbang Sanamang, Kecamatan Katingan Hulu dan beberapa daerah lainnya. Apalagi genangan banjir telah meluap dan mulai merendam pemukiman warga.

“Berkaitan dengan bencana banjir ini saya harapkan kepada segenap lapisan masyarakat agar waspada dan berhati-hati terhadap ketinggian banjir yang melanda,”ujarnya, Jumat (5/11).

Pihaknya pun sudah melakukan pengecekan dan mempersiapkan sarana dan prasarana (sapras) demi penanganan banjir. Kesiagaan ini melibatkan pihak BPBD, Satpol PP, Dinas Sosial, TNI dan Polri.

“Dalam menghadapi banjir susulan di wilayah Katingan, tim gabungan pencegahan banjir sudah menerjunkan personel, sapras dan alat pendukung dalam penanganan banjir, ” tegas Paulus.

Ia menambahkan, memang diakui dari perkiraan dan prediksi Badan Metereologi Klimatologi Geofisika (BMKG), dalam beberapa pekan kedepan curah hujan akan naik dan kembali meningkat.  Kondisi seperti ini yang patut diwaspadai dan menjadi perhatian semua pihak.

Baca Juga :  Pembangunan Kota Perlu Pemerataan

“Dengan melihat cuaca seperti ini, kita jangan lengah dan tetap waspada dalam menghadapi banjir maupun bencana lain,” tandasnya. (sos/gus)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.