Waspadai Cuaca Ekstrem di Katingan

BPBD Katingan,Cuaca Ekstrem
Banjir yang terjadi di salah satu desa di Kabupaten Katingan belum lama tadi, lantaran tingginya curah hujan di wilayah setempat.(dok.radarsampit)

KASONGAN- Masyarakat Kabupaten Katingan diminta berhati-hati dan mewaspadai adanya potensi cuaca yang ekstrem. Hal itu diungkapkan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan, Roby.

“Saya ingatkan agar masyarakat di wilayah Bumi Penyang Hinje Simpel tetap mewaspadai cuaca ekstrem yang terjadi,” ujarnya, Jumat (21/11).

Menurutnya, perkembangan informasi terbaru yang diterima pihaknya mengacu pada perkiraan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Tengah (Kalteng),  yang berkaitan dengan cuaca yang cukup ekstrim, agar diwaspadai. Terutama pada tanggal 17 hingga 22 Januari 2022.

” Katingan menjadi daerah yang termasuk kategori rawan cuaca ekstrem. Tetapi, warga jangan merasa takut dan cemas terhadap kondisi cuaca dan iklim yang tidak menentu dan ditandai dengan hujan,” imbuh Roby.

Apalagi lanjutnya, jika dipantau dan disaksikan  dalam beberapa hari belakangan hujan mengguyur Katingan dan awan mendung disertai petir. Selain itu disertai dengan angin kencang yang dapat membahayakan warga ketika berada di luar rumah.

“Masyarakat harus waspada dan jangan menjalankan kegiatan atau aktivitas di luar ketika sedang terjadi hujan yang cukup ekstrim tersebut. Karena rawan dan menjadi ancaman keselamatan,” papar Roby.

Baca Juga :  Miris!!! Campur Tangan Manusia Dominasi Penyebab Karhutla

Mantan Kepala BPKAD ini juga mengingatkan, agar masyarakat  tidak berteduh di bawah pohon ketika cuaca ektrem dan saat hujan. Selain itu apabila menemukan pohon tumbang yang menutupi ruas jalan akibat cuaca hujan yang cukup ekstrem agar  menyampaikannya kepada pihaknya.

“Kami siap turun langsung memperbaiki kondisi tersebut. Baik itu di ruas jalan desa, kecamatan, kabupaten hingga ruas provinsi,” tandasnya. (sos/gus)

 

 



Pos terkait