1.452 Ternak Disembelih Saat Iduladha

Dinas Pertanian Kobar Nyatakan Layak Kurban

open
IDULADHA : Pemotongan hewan kurban di PWI Kabupaten Kotawaringin Barat, Jumat (30/6/2023). (Sulistyo/Radar Pangkalan Bun)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Dinas Pertanian Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menyebutkan sebanyak 1.452 ekor ternak sapi yang telah dinyatakan layak kurban telah dipotong pada lebaran haji atau Iduladha 1444 Hijriyah.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian Kabupaten Kobar Hotni Afrita Purba mengatakan, ribuan hewan kurban tersebut merupakan hasil pemeriksaan tim kesehatan terhadap ternak calon kurban yang tersebar di enam kecamatan.

Bacaan Lainnya

“Hewan yang diperiksa dan telah dinyatakan layak potong berupa ternak jenis sapi, kambing dan domba, yang tersebar di enam kecamatan,” ungkapnya, Sabtu (1/7).

Hewan-hewan yang dinyatakan layak tersebut kemudian diberi label, sementara hewan ternak yang tidak masuk kriteria qurban tidak diberikan label. Pemeriksaan kesehatan hewan mencakup, usia hewan, kondisi mata, keadaan gizi, sikap dan jalan, kulit, pencernaan, dan pernafasan.

Baca Juga :  Bikin Gaduh, Ternyata Sedang Membobol Mesin ATM

Ia menyebut 1452 ekor ternak untuk korban tersebar di Arut Selatan sapi sebanyak 431 ekor, kambing 203 ekor, Kecamatan Arut Utara sapi 20 ekor, kambing 1 ekor, Kecamatan Kumai sapi 126 ekor dan kambing 29 ekor.

Sementara Kecamatan Kotawaringin Lama sapi 132 ekor, kambing 13 ekor, Kecamatan Pangkalan Lada sapi 239 ekor, kambing 69 ekor dan domba 1 ekor, Pangkalan Banteng sapi 143 ekor, kambing sebanyak 45 ekor. “Untuk se Kobar sapi sebanyak 1091 ekor, kambing 360 ekor dan domba 1 ekor, dan untuk lokasi pemotongan tersebar di 295 lokasi,” terangnya.

Ditegaskannya dalam saat pemotongan hewan kurban di lokasi pemotongan diakuinya ditemukan beberapa kasus cacing hati, namun oleh petugas hewan kurban telah dikuburkan, sementara daging kurban tetap aman untuk dikonsumsi. (tyo/fm)

 



Pos terkait