WASPADA!!! Rawan Pohon Tumbang di Jalur Wisata

pohon
INSIDEN : Tiga pohon tumbang di jalan poros Desa Sungai Bakau, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Jumat (30/6/2023). (Istimewa/Radar Sampit)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Pohon berukuran besar tumbang di Jalan poros Desa Bakau, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, Jumat (30/6/2023).

Batang pohon menutup akses masuk menuju Kawasan wisata pesisir di desa setempat.

Bacaan Lainnya

Beruntung satu kendaraan roda empat yang kebetulan melintas luput dari insiden tersebut. Sebabnya, ketika mobil melintas sesaat kemudian pohon tumbang tepat di belakang mobil.

Terlebih ketika pohon tumbang berbarengan dengan arus wisatawan yang menuju destinasi wisata di Bakau dan Bogam. Hal itu membutuhkan gerak cepat dari TRC BPBD untuk melakukan penanganan kedaruratan. Meskipun demikian, pohon yang tumbang tidak membuat arus tersendat, lantaran saat itu kunjungan wisatawan ke pesisir terpadu sepi.

Kepala Bidang (Kabid) Logistik dan Kedaruratan BPBD Kobar Martogi Sialagan mengatakan, pohon yang tumbang tersebut dalam kondisi sudah lapuk dan tua yang menutup akses masuk wisata Pantai Umbang dan Pantai Teluk Bogam. “Akses jalan poros menuju pantai tertutup oleh pohon yang tumbang, total ada 3 pohon yang ambruk di lokasi tersebut,” ujarnya, Sabtu (1/7).

Baca Juga :  Puluhan Hektare Lahan Pertanian Terendam Banjir

Lanjut dia pohon yang tumbang berukuran lumayan besar sehingga menghantam jaringan listrik PLN, untuk itu sebelum dilakukan pemotongan mereka berkoordinasi dengan PLN.

Personel BPBD yang dibekali beberapa unit gergaji mesin untuk memotong dahan dan batang agar mudah dievakuasi, mereka dibantu oleh masyarakat setempat. “Butuh waktu hampir satu jam untuk proses pembersihan dan evakuasi, kita juga dibantu oleh masyarakat setempat dan ada beberapa petugas PLN juga,” pungkasnya. (tyo/fm)

 



Pos terkait