77 Tahun Indonesia Merdeka, Dusun Balupu di Kotim Baru Nikmati Listrik PLN

dusun balupu nikmati listrik pln
RESMIKAN: Bupati Kotim Halikinnor didampingi Camat MHU Muslih meresmikan jalur listrik PLN ke Dusun Balupu Desa Bagendang Tengah Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Selasa (30/8). (ISTIMEWA/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Warga Dusun Balupu RT 05 Desa Bagendang Tengah, Kecamatan Mentaya Hilir Utara, mulai menikmati listrik PLN. Bupati Kotim Halikinnor meresmikan secara langsung jalur listrik PLN ke dusun tersebut, Selasa (30/8).

Bupati Kotim Halikinnor mengatakan, peresmian jalur PLN menunjukan bagaimana sinergitas maupun koordinasi antara pemerintah desa dengan perkebunan di wilayah kecamatan setempat. Selain kegiatan tersebut, Halikinnor juga meresmikan Taman Rambania Manis di Desa Bagendang Tengah.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

“Itu hasil kerjasama perkebunan kelapa sawit dengan pemerintah desa dalam membuat taman tersebut, termasuk membiayai jaringan PLN-nya, saya berterimakasih kepada investor, khususunya bidang perkebunan yang sudah berpartisipasi membantu masyarakat. Selama 77 tahun Indonesia merdeka, mereka baru merasakan listrik PLN,” kata Halikinnor.

Dengan adanya listrik masuk desa, aktivitas masyarakat lebih meningkat, terutama anak-anak sekolah. Anak-anak dulu kesulitan belajar malam hari, karena penerangannya masih memakai lampu teplok.

Baca Juga :  Halikinnor Upayakan Penyelesaian Konflik antara Warga vs Perusahaan Perkebunan

“Sekarang dengan adanya jalur listrik PLN memberikan kemudahan dalam belajar, begitu juga mungkin ada industri rumah tangga yang bisa memanfaatkan adanya listrik PLN ini. Harapan saya, meski masih tiang yang kecil, tolong masyarakat menjaganya,” pesannya.

Sementara itu Camat Mentaya Hilir Utara Muslih menambahkan, pemasangan jalur PLN sepanjang kurang lebih 3,5 Km menuju ke Dusun Balupu RT. 05 Desa Bagendang Tengah merupakan listrik swadaya. Tiang PLN dikerjakan melalui kebun kemitraan desa dengan perusahaan perkebunan yang beroperasi di wilayah kecamatan tersebut.

“Kurang lebih 72 tiang, untuk kabelnya bekerjasama dengan perusahaan sawit yang menyiapkan kabel kurang lebih 3,5 Km, untuk jalur listriknya dikerjakan oleh PLN Sampit, sehingga bisa menyala di Dusun Balupu RT 05 Desa Bagendang Tengah Kecamatan MHU,” tuturnya. (yn/yit)



Pos terkait