Agustiar Ajak Masyarakat Hindari Benih Perpecahan

agustiar sabran
Agustiar Sabran

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Anggota DPR RI daerah pemilihan Kalimantan Tengah mengajak masyarakat untuk terus menjaga keragaman adat istiadat di Bumi Tambun Bungai tanpa terkecuali. Masing-masing pihak agar dapat berperan menjaga persatuan. Apabila terjadi gesekan, hendaknya diselesaikan dengan cepat agar tidak menjadi benih perpecahan.

”Ingat, Bumi tambun Bungai ini damai. Seperti yang kita rasakan sekarang. Saya mengucapkan terima kasih dan menyampaikan penghargaannya atas segenap upaya yang telah dilakukan masyarakat untuk merawat, menjaga, dan memelihara adat istiadat serta kerukunan di daerahnya masing-masing,” kata Agustiar yang juga Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kaleng ini.

Bacaan Lainnya

Agustiar meminta semua lapisan masyarakat tetap menjaga keberagaman dan toleransi, serta tidak mudah terprovokasi terhadap isu maupun pemberitaan yang berkaitan dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

”Jika kita mudah percaya dan terbawa suasana isu yang dapat memecah belah suku bangsa, terlebih berkaitan dengan SARA, tentunya kerukunan dan toleransi akan hilang secara perlahan. Bahkan, berdampak pada perpecahan ataupun konflik,” tegas Agustiar.

Baca Juga :  Agustiar Ajak Pererat Tali Persaudaraan, Hadiri Perayaan Natal KWOD dan Dusmala

Agustiar berharap apabila ada masyarakat mengetahui atau menemukan praktik penyebaran isu yang menimbulkan perpecahan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, baik melalui selebaran gelap maupun media sosial (medsos), agar segera melaporkan kepada aparat penegak hukum.

”Keberagaman suku, agama, ras, dan golongan yang sudah ada, harus diterima sebagai rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa untuk saling menolong, melindungi, dan menyayangi di dalam semangat kebhinekaan dan kesatuan,” katanya. (daq/ign)



Pos terkait