Agustiar Tegaskan Komitmen Jaga Kelestarian Budaya

Anggota DPR RI Dapil Kalteng Agustiar
JAGA BUDAYA: Anggota DPR RI Dapil Kalteng Agustiar Sabran saat kunjungan kerja ke Kotim, beberapa waktu lalu.(YUNI/RADAR SAMPIT)

PALANGKA RAYA, RadarSampit.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Daerah Pemilihan (Dapil) Kalimantan Tengah (Kalteng) Agustiar Sabran menyatakan komitmennya untuk menegakkan, melestarikan, dan menjaga kebudayaan asli Bumi Tambun Bungai.

”Saya selalu komitmen menjaga kelestarian dan keluhuran adat Dayak. Kebudayaan asli itu patut dibanggakan, sebagai bentuk komitmen bersama membangkitkan semangat kebudayaan daerah dan mengingat kembali tonggak sejarah Dayak,” ujar Agustiar.

Bacaan Lainnya

Ketua DAD Kalteng ini berharap masyarakat kota hingga desa dapat mengurus, melestarikan, memberdayakan, mengembangkan adat istiadat, dan budaya lokal suku Dayak. Hal itu penting sebagai warisan untuk generasi muda agar tidak tergerus zaman yang semakin modern.

”Kita harus bangga dengan bahasa dan budaya lokal suku Dayak yang kita miliki, karena itulah identitas kita. Jangan malah bangga menggunakan adat-istiadat orang lain. Apalagi budaya barat. Berikan pengetahuan anak-anak kita tentang budaya lokal, khususnya budaya Dayak, agar budaya tersebut bisa bertahan selamanya dan tidak goyah dengan budaya asing,” ujarnya.

Baca Juga :  Polisi Mulai Endus Jejak Pembantai Pasutri di Palangka Raya

Agustiar berpesan kepada masyarakat Dayak, agar dapat menghargai pemimpin lembaga adat. ”Terus melestarikan budaya Dayak dan menerapkan falsafah huma betang. Juga belum bahadat dan menjaga Kalteng sebagai Bumi Pancasila di Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Agustiar.

Dia juga mengingatkan seluruh pengurus DAD se-Kalteng, damang, mantir, maupun tokoh adat, agar terus menjaga dan melestarikan kebudayaan Dayak. Sekaligus mempertahankan kondusifitas ketertiban dan keamanan yang telah terjaga selama ini.

Pos terkait