AWAS!!! Buaya Belum Tertangkap, Warga Diminta Waspada 

buaya sampit
IMBAUAN: Pemasangan papan peringatan keberadaan buaya di muara Sungai Mentawa, Kecamatan MB Ketapang, yang dilakukan oleh petugas BKSDA Pos Jaga Sampit dan personel Manggala Agni, Selasa (10/1). (IST/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Petugas dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit berupaya menangkap seekor buaya di Sungai Mentawa, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Penangkapan dilakukan dengan memasangan pancing dengan umpan bangkai ayam.

“Kami mengimbau agar warga dapat lebih waspada lagi. Jangan dulu beraktivitas di sungai untuk sementara, karena buaya belum ditangkap,” Kata Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah, Selasa (10/1).

Bacaan Lainnya

Muriansyah mengatakan, buaya sulit terjerat. Diperkirakan buaya belum berpindah jauh dari lokasi yang dilaporkan warga. Untuk itu pihaknya terus memantau keberadaan buaya tersebut.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, BKSDA Pos Jaga Sampit dibantu personel Manggala Agni memasang papan peringatan dan imbauan keberadaan buaya di beberapa titik. Seperti di perairan Sungai Mentaya wilayah Kecamatan Seranau, Baamang, MB Ketapang, dan Mentaya Hilir Utara. Sedangkan pemasangan papan peringatan di wilayah perairan Kecamatan Cempaga, Mentaya Hilir Selatan, Pulau Hanaut, Teluk Sampit akan segera menyusul.

Baca Juga :  Sektor Perkebunan Minim Pemasukan ke Daerah  

“Selain di muara Sungai Mentawa, kami juga memasang papan imbauan di sekitar Sungai Mentaya, induk dari Sungai Mentawa, seperti pelabuhan Kelurahan Mentaya Seberang, pelabuhan feri, dan dermaga Sampit. Khusus di Sungai Mentawa kami pasang peringatan. Sebab memang terbukti ada buaya yang hingga kini belum tertangkap,” terangnya.

Muriansyah menambahkan, perairan yang berada di tengah kota itu pernah terlihat lebih dari satu ekor buaya jenis muara. “Berdasarkan pengakuan warga, ada lebih dari satu ekor buaya. Bahkan katanya bertelur,” tuturnya.

Semenjak dipasang jerat dan pancing, buaya di Sungai Mentawa tidak pernah muncul lagi. Diduga kuat, buaya ketakutan sehingga memilih bersembunyi.

Pos terkait