Bangkitkan Semangat Olahraga Masyarakat Kotim

tarkam pemkab
PEMBUKAAN: Bupati Kotim Halikinnor dan Wabup Kotim Irawati menghadiri pembukaan kejuaraan antar kampung (tarkam) di Gedung Voli Indoor Jalan Tjilik Riwut, Jumat (14/6/2024). (HENY/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menjadi salah satu daerah pelaksanaan Kejuaraan Antar Kampung (Tarkam) yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora). Kegiatan yang dilaksanakan pada 13-15 Juni 2024 itu untuk mewujudkan amanat undang-undang.

”Dispora Kotim awalnya mengusulkan ke Kemenpora dan disetujui. Kotim termasuk dari 110 titik daerah di Indonesia yang menggelar Tarkam tahun ini,” kata Wiyono, Kepala Dispora Kotim, Jumat (14/6/2024).

Bacaan Lainnya

Ada empat cabang olahraga yang dipertandingkan, yaitu bola voli di Gedung Voli Indoor depan Stadion 29 November. Kegiatan itu lebih dulu dipertandingkan pada Senin (10/6/2024) lalu, diikuti 29 tim putra-putri.

Kemudian, bulu tangkis di Gelanggang Olahraga (GOR) Habaring Hurung, diikuti dari tunggal putra-putri dan ganda putra. Ketiga, senam germas yang dilaksanakan 13-14 Juni 2024 di Atrium Citimal yang diikuti 14 tim puskesmas di Kotim.

Baca Juga :  Angkut Pertalite, Dua Warga Baamang Diringkus

Selanjutnya, Fun Run sepanjang 5 km start dan finish akan dilaksanakan Sabtu (15/6/2024) di Jalan Tjilik Riwut, halaman gedung Voli Indoor yang diikuti 228 pelari.

”Kegiatan Tarkam sudah dibuka mulai 13 Juni 2024 dan khusus voli dikarenakan timnya banyak. Pertandingan dimulai lebih dulu Senin lalu,” katanya.

Untuk pendanaan, Wiyono mengatakan, bersumber dari dana Kemenpora. ”Panitia juga menyiapkan hadiah total Rp38 juta yang bersumber dari dana APBN. Kegiatan ini kami harapkan dapat memotivasi masyarakat Kotim untuk bergerak aktif berolahraga agar jiwa raga sehat dan tubuh menjadi bugar,” ujar Wiyono.

Bupati Kotim Halikinnor berharap kegiatan Tarkam dapat membangkitkan semangat masyarakat untuk berolahraga menjaga kesehatan dan kebugaran.

”Kegiatan tarkam ini supaya masyarakat semangat berolahraga agar tubuh sehat dan bugar. Tingkat kebugaran masyarakat juga masih sangat rendah, yang artinya secara umum masyarakat kurang berolahraga. Makanya, melalui tarkam ini diharapkan bisa membangkitkan semangat masyarakat untuk berolahraga menjaga kebugaran dan tubuh yang sehat,” kata Halikinnor. (hgn/ign)



Pos terkait