Bangunan Kosong di SDN Kubu Membara

sekolah terbakar
HANGUS: Kondisi bangunan gedung kosong di SDN 1 Kubu yang terbakar, Minggu (30/3/2024). (istimewa)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Bangunan kosong di lingkungan Sekolah Dasar Negeri 1 Kubu, Desa Kubu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), terbakar.

Api yang membakar bagian atap gedung sekolah tersebut sempat membuat warga panik, karena lokasi yang jauh dari jangkauan pemadam kebakaran.

Bacaan Lainnya

Api berhasil dipadamkan setelah personel dan armada pemadam dari PT Bupolo Indonesia turun ke lokasi sebelum unit pemadam kebakaran Pemkab Kobar datang.

Herni, warga Desa Kubu, mengatakan, api hanya melumat gedung bekas sekolah Taman Kanak-Kanak (TK). Ketika peristiwa terjadi, hujan lebat sedang turun di desa mereka.

”Beruntung cuaca sedang hujan di kubu, sehingga tidak merembet ke bangunan sekolah dasar dan pemadam PT Bupolo Indonesia langsung melakukan penanganan,” ujarnya.

Dia melanjutkan, bangunan bekas sekolah TK tersebut mengalami kerusakan pada bagian atap, karena api sempat membakar plafon bagian atas hingga berkobar.

Baca Juga :  Maling Pakaian Dalam Resahkan Warga

”Kerusakan pada bagian atap di beberapa ruang kelas,” ujarnya.

Plt Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kotawaringin Barat Agus Dwi Suhartono mengatakan, tiga unit pemadam kebakaran milik Damkar, dan tiga unit water suplai BPBD serta dua unit milik PT Kalimantan Diamond Coal (Bupolo Indonesia) dikerahkan menangani kebakaran tersebut.

”Warga yang tinggal di dekat sekolahan melihat api sudah mulai membesar. Kemudian warga desa melapor ke anggota BPBD dan pelapor segera menghubungi Mako Damkar,” ujarnya. Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut serta kerugiannya. (tyo/ign)



Pos terkait