Banjir Picu Satwa Liar Masuk Permukiman  

ular
Balakar Manggala Yudha saat evakuasi ular yang memangsa 3 ayam milik warg KBB, Sabtu (17/2/2024). (istimewa)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Usai banjir melanda Desa Kumpai Batu Bawah (KBB), Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), satwa liar memasuki permukiman. Seokor ular sanca masuk ke permukiman dan memangsa beberapa ekor ayam, Sabtu (17/2/2024).

Ular yang terkenal dengan belitannya tersebut masuk dalam kandang ayam milik Sumarno warga RT 07, RW 3, desa setempat dan melingkar di dalam kandang. Suara gaduh dari kandang ayam menarik perhatian Sumarno untuk mengecek peliharaannya.

Bacaan Lainnya

Anggota Balakar Manggala Yudha, Desa Kumpai Batu Bawah, Ikhsan mengatakan, ular Sanca dengan panjang tiga meter itu diduga masuk dalam kandang ayam warga pada saat subuh.

“Kami mendapat laporan dari pemilik kandang ayam pada pagi hari yang curiga mendengar suara gaduh dari kandang ayam, setelah dicek ternyata ada seekor ular yang sedang memangsa ayam miliknya,” terangnya.

Baca Juga :  Perkuat Reformasi Birokrasi Kotawaringin Barat

Butuh usaha keras dalam mengevakuasi ular tersebut, saat akan ditangkap kepalanya ular melakukan perlawanan meski perutnya sudah membesar menelan ayam.

Saat kepala ular berhasil dikuasai, empat anggota Balakar berusaha menarik ular yang membelit kuat di bagian sisi kandang.

“Peralatan yang belum memadai, masih konvensional, butuh hampir satu jam hingga ular berhasil ditarik keluar,” bebernya.

Setelah berhasil ditarik, anggota Balakar berupaya mengeluarkan ayam yang ditelan, dan 3 ekor ayam yang sudah remuk tulangnya berhasil di keluarkan.

“Ular kemudian kami serahkan ke Mako Damkar untuk kemudian nantinya dirilis ke tempat yang jauh dari permukiman,” pungkasnya (tyo/yit)

 

 



Pos terkait