Bantu Penghijauan di Pangkalan Banteng, PT GSPP dan GSDI Bantu 200 Bibit Ketapang Kencana

bibit ketapang
PENGHIJAUAN: Asisten CSR PT GSPP, Usma saat menyerahkan secara simbolis bibit Ketapang Kencana kepada perwakilan Kecamatan Pangkalan Banteng, Lambok Tambun pada Senin (5/6/2023)

PANGKALAN BANTENG, radarsampit.com – Upaya penghijauan kini tengah gencar dilakukan oleh perusahaan Grup Perusahaan PT Astra Agro Lestari, salah satunya seperti yang dilakukan PT Gunung Sejahtera Puti Pesona (GSPP) dan PT Gunung Sejahtera Dua Indah (GSDI)

Program bernama Astra Hijau ini merupakan salah satu program CSR bidang lingkungan untuk membantu masyarakat dan pemerintah daerah.

Bacaan Lainnya
Gowes

Asisten CSR PT GSPP, Usma mengatakan bahwa salah satu program Astra Hijau kali ini adalah penyerahan bantuan bibit pohon Ketapang Kencana yang bisa difungsikan sebagai pohon peneduh.

“Ada sekitar 200 bibit Ketapang Kencana yang kita serahkan ke Pemerintah Kecamatan Pangkalan Banteng, Kabupaten Kotawaringin Barat,” katanya, Senin (5/6/2023).

bibit ketapang 2

Menurutnya bantun bibit pohon ini bisa dimanfaatkan untuk penghijauan di sejumlah titik terutama ruang terbuka hijau dan juga pinggir jalan yang dinilai rawan longsor.

Baca Juga :  PKL Dilarang Mangkal Di Trotoar Kota Pangkalan Bun

Sementara itu Camat Pangkalan Banteng, Sigit Imam Mulia mengucapkan terima kasih atas partisipasi aktif PT GSPP dalam program penghijauan yang saat ini juga sedang digalakkan oleh pemerintah daerah.

Ia menyebut bahwa Ketapang Kencana difungsikan sebagai pohon peneduh dan juga mencegah longsornya jalan. Selain sebagai pohon peneduh, pohon yang dinamai Talisei di Maluku Utara ini sejatinya memiliki ragam manfaat.

“Pohon ini membantu mengurangi polusi udara seperti debu, asap kendaraan bermotor. Tanaman ketapang kencana akan bertindak sebagai penyerap alami polusi-polusi udara yang ada di lingkungan,” kata Camat Pangkalan Banteng, Sigit Imam Mulia.

Tak hanya itu, lanjutnya, program penghijauan ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungannya.

“Ketapang kencana juga ditanam sebagai tanaman hias. Dapat ditanam langsung di tanah, dapat pula dalam pot besar. Tapi tanaman ini kami tanam di pinggir jalan juga agar berfungsi sebagai pohon peneduh. Dan juga ini untuk menambah estetika tersendiri selain manfaat ekologisnya yang tinggi,” pungkas Sigit. (*)



Pos terkait