Barito Utara Kaji Tiru Tentang AMDK ke PDAM Tirta Arut 

kaji tiru
KAJI TIRU: Foto bersama usai melakukan pertemuan dan diskusi kaji tiru Pemkab Baru Utara di Kantor PDAM Tirta Arut Pangkalan Bun, Jumat (2/12). (Syamsudin/Radar Sampit)
PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Dalam rangka menggali ilmu pengetahuan tentang pengelolaan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), Pemerintah Kabupaten Barito Utara, melakukan kaji tiru ke Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Arut Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Jumat (2/12/2022).
Bagian Ekonomi dan Sumber Daya Alam Setda Barito Utara Nugraha mengatakan, bahwa alasan Pemkab Barito Utara salah satu tujuan utama kunjungan kaji tiru pihaknya ke Perumdam Tirta Arut, karena perusahaan daerah penyedia air bersih di Kabupaten Kobar ini, tidak lama lagi akan melaunching produk air minum dalam kemasan (AMDK) dengan merk Banyu Kinum.
“PDAM Tirta Arut ini sangat luar biasa, sebab dalam pengembangannya tidak menggunakan anggaran daerah bahkan dalam waktu dekat ini, tepatnya pada Januari 2023 Perumdam Tirta Arut  melounching produk AMDK  dengan nama” Banyu Kinum “, apa yang kami dapat dari Kobar, kedepannya akan kami tiru,” jelas Nugraha.
Menurut Nugraha, dari diskusi dan pertemuan yang dilakukan pihaknya dengan jajaran Perumdam Tirta Arut, diketahui memang untuk membuat produk AMDK tidaklah semudah yang dibayangkan. Sebab prosesnya sangat panjang dan membutuhkan anggaran yang besar.
“Tentunya anggaran yang harus kami siapkan, karena membutuhkan anggaran yang besar serta berbagai persiapan yang harus dilakukan secara matang. Walau hal ini masih belum kami lakukan dalam waktu dekat, namun sekbalinya dari kegiatan kaji tiru ini, berbagai hal yang kami dapatkan di Kobar akan disampaikan pada pimpinan,” jelas Nugraha.
Sehingga, lanjut Nugraha, ini merupakan langkah awal agar daerahnya juga bisa mengikuti jejak Kabupaten Kobar untuk membuat produk AMDK.
“Dalam pembicaraan tadi juga kami mendapatkan tawaran yang menarik yaitu adanya kerjasama penjualan produk AMDK yang bakal diluncurkan Perumdam Tirta Arut. Pastinya hal ini juga bakal kami sampaikan ke pimpinan,” jelas Nugraha.
Direktur Perumdam Tirta Arut, Sapriansyah mengatakan bahwa pihaknya sangat antusias dikunjungi perwakilan Pemkab Barut dalam kegiatan kaji tiru ini.
“Tentunya kami siap berbagi ilmu dan tips guna mewujudkan cita-cita Kabupaten Barut agar kedepannya juga bisa memproduksi AMDK seperti yang bakal kami luncurkan awal tahun 2023 memdatang dengan merk Banyu Kinum,” jelas Sapriansyah. (sam) 
Baca Juga :  Sempat Ayunkan Parang Ke Aparat, Tiga Garong Sawit Akhirnya Ditangkap

Pos terkait