Bekas Rujab Bupati Sukamara Dijadikan Sanggar Seni

open utama kotawaringin
ASET DAERAH: Bekas rumah jabatan Bupati Sukamara, yang akan diubah menjadi Gedung Sanggar Kesenian. (istimewa)

SUKAMARA, radarsampit.com – Bekas rumah jabatan Bupati Sukamara di Jalan Tjilik Riwut, disulap menjadiGedung Sanggar Kesenian. Gedung itu sebagai sarana bagi pelaku kesenian dan kebudayaandalam berkreasi dan mengembangan seni dan budaya di Kabupaten Sukamara.

Gedung dibangun bertingkat dua. Kontruksi bagian bawah berbahan semen. Dinding lebihbanyak dipasang roster beton. Sirkulasi udara dan pencahayaan di dalam gedung punterasa lapang. Ruang di dalam gedung cukup luas. Terdapat satu panggung hiburan, dandua ruangan ukuran sekitar 4×4 meter. Ruangan itu diperuntukan sebagai tempat recording jika pementasan seni memerlukan rekaman audio.

Bacaan Lainnya

Berbeda dengan konstruksi bawah, bangunan tingkat atas dibangun berbahan kayu ulin. Atapnya dari sirap kayu ulin, sama seperti bangun sebelumnya. Bentuk konstruksi bangunan bagian atas ini menyerupai rumah adat Betang. Dari bentuk atap hingga ruangan di dalamnya yang luas dan memanjang berlantai kayu ulin.

Baca Juga :  Kerusakan Jalan Ujung Jembatan Desa Cabang Barat akan Diperbaiki

Naik ke bangunan tingkat atas disediakan anak tangga. Dibangun di sisi kiri dan kanan teras depan. Bagian tiang-tiang penyangga teras atas dibangun dari batang pohon mati. Besarnya kira-kira sepelukan anak usia sekolah dasar. Kesan khas kedaerahan cukup terasa, apalagi bagian dinding bawah dan atas dilengkapi dengan ukiran ornamen khas Kalimantan.

Halaman depan bangunan pun cukup luas. Dipasang susunan paving dan dicat warna putih, kuning dan merah bata. Halaman juga menjadi satu lokasi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Sukamara, yang terdapat taman literasi, dan banyak terpasang lampu hias.(fzr/gus)

 



Pos terkait