Desa Binaan PT TSA Gelar Panen Raya Program Perikanan

panen ikan
PANEN IKAN: Foto bersama secara simbolis saat Panen ikan patin keramba di Desa Nanuah Kecamatan Menthobi Raya Kabupaten Lamandau pada Kamis (26/1/2023). (Istimewa)

NANGA BULIK, radarsampit.com – Setelah menunggu lebih kurang enam bulan akhirnya Kelompok Perikanan Mandiri Desa Nanuah, Kecamatan Menthobi Raya, Kabupaten Lamandau, melakukan panen ikan patin kerambanya pada Kamis (26/1/2023).

Ikan Patin Keramba yang di panen tersebut merupakan program pemberdayaan ekonomi perikanan mandiri, yang diinisiasi oleh tim Coorporate Sosial Responsibility (CSR) PT Tanjung Sawit Abadi (TSA) pada tahun 2022 lalu.

Bacaan Lainnya

Dari hasil sosial mapping yang dilakukan oleh tim CSR PT. TSA di desa Nanuah, melihat bahwa masyarakat desa ini memiliki kemampuan dalam bidang perikanan dan perkebunan, sehingga perusahaan melalui departemen CSR berinisiatif untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan pemberdayaan perikanan di desa tersebut.

Sementara yang keahliannya di bidang perkebunan rata-rata masyarakat bekerja di ladang milik pribadi dan menjadi karyawan di PT.Tanjung Sawit Abadi yang terletak tidak jauh dari desa tersebut.

Dalam program perikanan ini, Perusahaan memberikan bantuan bibit ikan patin Sebanyak 6.000 bibit dan pakan selama 6 bulan serta infrastruktur keramba seperti jaring, drum dan kayu yang digunakan untuk menunjang kegiatan tersebut.

Baca Juga :  Ternyata Izin Agen Tiket Milik Calo Vaksinasi Tidak Terdaftar

Program seperti ini juga diberikan kepada desa desa sekitar perusahaan yang memiliki kompetensi dibidang perikanan lainnya, seperti di Desa Nanga Koring, Desa Pedongatan, dan Dusun Suayap.

“Program Ini merupakan bentuk dari kepedulian perusahaan untuk bersama sama dengan masyarakat dalam meningkatkan taraf ekonomi masyarakat yang berada disekitar operasional Perusahaan” Ujar Asisten Manager Comdev Abdur Rohman.

Tidak hanya berhenti disitu, pihaknya juga membantu mencari marketnya sehingga masyarakat dapat merasakan hasil panen ikannya secara cepat.

Dengan memanfaatkan sungai di desa, program ini bisa berjalan dengan lancar hingga saat ini, pada panen raya ini kelompok perikanan ini dapat menghasilkan  sebanyak 1.181 kilogram.

Acara panen raya ini dihadiri juga Camat Menthobi Raya, Koko Hadiyatmoko, Kepala Desa Nanuah  Sandra Wahyudi, Ketua BPD Nanuah, Tokoh Masyarakat, kelompok perikanan dan pihak dari perusahaan PT.TSA.

Pos terkait