Deteksi Dini Dengan Patroli Lahan Rawan Karhutla

Deteksi Dini Dengan Patroli Lahan Rawan Karhutla
PATROLI KARHUTLA: Tim gabungan dari TNI, Polri dan BOBD melakukan patroli di lokasi rawan kebakaran. (SABHARA KOBAR/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN – Tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Barat melakukan patroli karhutla ke kawasan rawan kebakaran di Mendawai Seberang, Kecamatan Arut Selatan.

Tim gabungan melakukan penyisiran di jalan lintas Pangkalan Bun – Kotawaringin Lama mulai dari kilometer 6 – 12. “Belakangan ini cuaca Pangkalan Bun dan sekitarnya sangat panas. Kami melakukan patroli ke wilayah yang rawan kebakaran,” kata Anggota Sabhara Polres Kobar Ipda Purwoyo.

Menurutnya,  sasaran patroli tim gabungan adalah lahan rawan terbakar karena banyak lahan kosong. Kemudian memantau persediaan air di embung yang terdapat di Jalan Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama.

“Persediaan air di embung ini kita cek agar saat kebakaran tidak kebingungan, akan ada beberapa alternatif untuk memudahkan proses pemadaman api. Mengingat lokasi rawan kebakaran ini berada di lahan gambut yang notabane susah padam ketika terbakar, ” bebernya.

Selain patroli, pihaknya juga menyosialisasikan bahaya karhutla kepada pengelola lahan. Sejauh ini, di lokasi rawan kebakaran tersebut masih terpantau ada pembukaan lahan untuk ditanami kelapa sawit.

Baca Juga :  KM Satya Kencana III Belum Terangkat

“Maka pada saat kuta jumpai warga yang tengah mengelola lahan, apabila terjadi kebakaran agar segera hubungi ke nomor call centre maupun posko karhutla di kantor BPBD Kobar. Laporan tersebut sangat penting guna ditindaklanjuti secara cepat dan tepat saat terjadi karhutla,” imbaunya. (rin/sla)

 



Pos terkait