Dewan Dukung Pengembangan Pertanian Padi

dprd kobar foto
PERTANIAN: Ketua DPRD Kobar Rusdi Gozali saat mengikuti kegiatan panen padi di Desa Karang Sari, baru-baru ini. (Rusdi Gozali untuk Radar Sampit)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah mendukung langkah pemerintah daerah dalam pengembangan pertanian (sawah) untuk meningkatkan produksi beras.

Ketua DPRD Kobar Rusdi Gozali mengatakan bahwa, hasil panen padi di Kobar sebenarnya sangat bagus, bahkan kualitas berasnya juga tak kalah bagusnya dengan beras yang dipasok dari Jawa.

Bacaan Lainnya

Ini menjadi salah satu pemikiran dari DPRD Kobar untuk pengembangan sawah di Kobar. Dengan begitu nantinya bisa mengembangkan padi dalam jumlah yang banyak.

“Sejauh ini hasil pengembangan padi di Pangkalan Lada dan Pangkalan Banteng yang banyak. Sementara kecamatan lain masih minim dan kiranya ini perlu di dorong lagi,” kata Rusdi Gozali.

Selanjutnya, butuh keseriusan dari Pemkab Kobar melalui Dinas Pertanian. Bahwa sawah yang belum tergarap ini bisa dibidik kembali.

Baca Juga :  Pemkab Katingan Tetapkan Status Siaga Karhutla

Seperti di Desa Kumpai Batu Atas dan Kumpai Batu Bawah sampai ke Desa Terantang itu banyak sawah yang dibiarkan begitu saja. Jika ini dibidik dari Dinas Pertanian untuk pengembangan padi, maka sangat potensial sekali.

“Sebenarnya tinggal keseriusan pemerintah daerah saja. Jika menanam padi ini menjanjikan maka masyarakat bakal mengikuti,” ujarnya.

Sementara kendala petani ini sangat banyak, terutama soal pupuk dan pasca oanen. Mereka juga harus diberukan solusi yang bagus. Supaya sawah yang ada ini benar tergadap dan meningkatkan hadil produksi beras di Kobar. Dengan begitu program ketahanan pangan secara perlahan bisa dipenuhi dari daerah.

“Disamping itu iuga, supaya sawah di Kobar tak beralih fungsi dengan ditanami sawit. Ini yang kita harapkan,” harapnya. (rin/fm) 



Pos terkait