Di Kobar Hanya Dua PBS Ini Yang Bersedia Mempekerjakan Warga Difabel

difabel ilustrasi
ilustrasi difabel

PANGKALAN BUN, RadarSampit.com – Angka serapan kerja bagi penyandang disabilitas atau difabel di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terbilang minim. Dari 11 ribu lebih tenaga kerja yang berkarier di 30 perusahaan besar swasta, kurang dari 0,1 persennya adalah warga disabilitas yang bekerja.

Instruktur Ahli Muda Disnakertrans Kobar, Badruddin mengungkapkan bahwa dari 30 perusahaan besar swasta tersebut hanya ada 2 orang penyandang disabilitas yang bekerja di perusahaan, yaitu di PT GSIP-AMR (Astra Agro Lestari) dan CBI Group.

“Kita lakukan pendataan dan pastikan kesejahteraan mereka dan hal itu terpenuhi semua baik BPJS Kesehatannya maupun BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya.

Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnakertrans Kobar, Kalson P Sianipar menyebut bahwa angka serapan kerja bagi penyandang disabilitas itu sangat jauh dari harapan.

“Padahal amanat Udang – Undang menyebutkan bahwa mereka memperoleh hak dan kesempatan yang sama untuk mendapatkan pekerjaan tanpa ada diskriminasi,” katanya.

Dijelaskannya dalam Undang – Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang disabilitas, pemerintah, pemerintah daerah, BUMN, dan BUMD wajib mempekerjakan paling sedikit 2 persen.

Baca Juga :  Rampok Sadis Kerjai Juragan Sarang Walet

“Sementara untuk perusahaan swasta wajib mempekerjakan paling sedikit 1 persen penyandang disabilitas dari jumlah pekerjanya,” terangnya.

Menurutnya penyandang disabilitas perlu difasilitasi untuk memperoleh kesempatan bekerja yang disesuaikan dengan minat dan bakat penyandang disabilitas. Dan ia meyakini meski fisik mereka mengalami keterbatasan namun ada skill mereka yang bisa dimanfaatkan, seperti IT dan keahlian lain.

Pos terkait