Dinas Pertanian Kobar Temukan Sejumlah Hewan Kurban Terjangkiti Cacing Hati

open
HEWAN KURBAN : Petugas memeriksa organ hati yang terinfeksi penyakit cacing hati pada hewan kurban yang ditemukan di Kelurahan Mendawai, Kotawaringin Barat, Kamis (29/6/2023).

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Tim kesehatan Dinas Pertanian Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng) menemukan cacing hati di sejumlah tempat saat pemotongan hewan kurban Iduladha 1444 Hijriah, Kamis (29/6/2023).

Medik Veteriner Muda, Dinas Pertanian Kabupaten Kotawaringin Barat drh GM Sofyannoor mengungkapkan, temuan cacing hati (Fasciola sp) pada organ hati ditemukan di Kelurahan Mendawai, saat pemotongan hewan kurban. “Penyakit cacing hati  ditemukan pada hewan kurban di Musala Darul Ikhlas,  Kecamatan Arsel, sebanyak 2 organ hati, dengan jenis sapi Madura,”  ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Ia menegaskan saat ini organ hati yang terkena penyakit cacing hati, sudah dilakukan penyitaan oleh petugas dan atas koordinasi dengan pihak panitia kurban setempat disepakati untuk dimusnahkan dengan cara dikubur agar tidak dikonsumsi masyarakat.

Ia meyakini jumlah hewan kurban yang organ hatinya terkena penyakit hati bukan hanya 2 ekor, karena ada beberapa tim lainnya yang juga melaporkan menemukan kasus serupa di beberapa tempat yang dijadikan lokasi pemotongan hewan kurban.

Baca Juga :  Pencak Silat Kobar Targetkan Juara Umum Porprov 2023

“Tadi juga ada yang menelpon saya dan mengirimkan foto hati yang terkena penyakit cacing hati, untuk data lengkapnya nanti kita sampaikan, karena ada beberapa tim yang tersebar masih belum menyampaikan hasil monitoringnya,” tegasnya.

Menurutnya kegiatan pengawasan dan pemeriksaan terhadap hewan qurban oleh tim dinas pertanian setempat masih berlangsung hingga 3 hari ke depan.

Karena masih banyak hewan qurban yang akan dipotong di hari Jumat dan Sabtu depan. “Kita berharap agar daging sapi dan organ hati dimasak dengan benar agar terhindar dari penyakit,” harapnya. (tyo/fm)

 



Pos terkait