Disdik Kota Gelar OSN Tingkat SD

Tingkatkan Mutu Pendidikan Bidang Matematika dan IPA

Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya Aprae Vico Ranan
Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya Aprae Vico Ranan (gunakan masker) melakukan pemantauan lomba OSN-SD yang dipusatkan SDN Percobaan Jalan MH Thamrin Palangka Raya, Senin (8/5/).(dodi/radarsampit)

PALANGKA RAYA-RadarSampit.com-Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya bersama Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional,Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melaksanakan Olimpiade Sains Nasional Sekolah Dasar (OSN-SD).

Kegiatan itu sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan di bidang matematika dan IPA, yang digelar di SDN Percobaan Kota Palangka Raya, diikuti sebanyak 220 peserta dari 32 jenjang satuan pendidikan tingkat SD/MI.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya Aprae Vico Ranan menjelaskan, OSN-SD Tahun 2023 dilaksanakan secara daring. Adapun media pelaksanaan kompetisi menggunakan aplikasi dan media lain yang telah disediakan oleh panitia pusat. Bidang atau mata pelajaran yang dikompetisikan pada OSN-SD Tahun 2023 yaitu matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Dipaparkannya, peserta OSN adalah peserta didik kelas IV dan V SD/MI atau yang sederajat di tahun ajaran 2022/2023 saat pelaksanaan OSN- kabupaten maupun kota, dengan kelahiran tanggal 1 Agustus 2010 dan setelahnya.

Baca Juga :  Ramadan 1445 Hijriah, Aquarius Boutique Hotel Hadirkan Sajian Khas Timur Tengah

”OSN-SD untuk tingkat Kabupaten Kota dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia pada tanggal 8 Mei 2023 untuk bidang studi IPA dan 9 Mei 2023 untuk bidang studi matematika,” ujarnya, saat menghadiri kegiatan bersama dengan Kepala Bidang Pembinaan SD, Rachmad Winarso,Senin (8/5).

Diungkapkan Vico, pelaksanaan OSN-SD di Kota Palangka Raya secara umum berjalan lancar. Hanya ada sedikit kendala di awal pelaksanaan ada beberapa peserta tidak bisa login ke aplikasi OSN karena kendala jaringan.Tapi dapat segera diatasi oleh panitia sehingga semua peserta bisa mengerjakan soal dengan lancar sampai waktu yang ditentukan.

“Untuk rincian peserta terdiri dari 110 peserta bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan 110 peserta dari bidang Matematika,” katanya.

Lebih lanjut Vico menjelaskan, pada pelaksanaan lomba tersebut semua peserta diharuskan mendownload aplikasi OSN yang telah disediakan pusat di perangkat android masing-masing. Untuk durasi waktu pengerjaan soal diberikan selama 60 menit yang dimulai dari pukul 08.00-09.00 WIB.



Pos terkait