Disdik Palangkaraya Gelar OSN-SMP/MTs

Pelaksanaan OSN-SMP oleh Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya
KEJAR PRESTASI: Pelaksanaan OSN-SMP oleh Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya bersama Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional,Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, kemarin (16/5).(dodi/RadarSampit)

PALANGKA RAYA, RadarSampit.com-Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya bersama Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional,Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melaksanakan Olimpiade Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama (OSN-SMP).

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangkaraya Jayani melalui Sekretaris Disdik Aprae Vico Ranan menyatakan, kegiatan ini upaya peningkatan mutu pendidikan bidang Matematika dan IPA, yang dipusatkan di  SMP Negeri 2 Palangka Raya, Selasa (16/5).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, dalam pelaksanaan lomba semua peserta diharuskan mendownload aplikasi OSN yang telah disediakan pusat di perangkat android masing-masing. Waktu pengerjaan soal 60 menit yang dimulai dari Pukul 08.00 WIB sampai 10.30 WIB.

”Pelaksanaan OSN/SMP Tingkat Kabupaten/kota di Kota Palangka Raya secara umum berjalan lancer,” ujar Aprae Vico Ranan, yang juga didampingi Kepala Bidang Pembinaan SMP, Muhammad Aswani.

Vico melanjutkan, kegiatan ini diikuti 226 peserta didik yang berasal dari 25 satuan pendidikan jenjang SMP/MTs. Adapun rincian pesertanya terdiri dari 79 bidang studi IPA, 70 peserta bidang studi matematika dan 77 peserta bidang studi IPS. Sebelumnya, Disdik Kota juga sudah melaksanakan OSN untuk tingkat sekolah dasar.

Baca Juga :  Investor Tambang Wajib Perhatikan Tata Guna Lahan

Ia menegaskan seleksi tingkat Kota Palangka Raya tersebut nantinya akan memilih beberapa siswa orang peserta untuk mewakili daerah setempat, pada OSN tingkat provinsi.  Kemudian peserta yang lolos OSN tingkat kota untuk setiap bidang lomba akan ditetapkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dengan surat keputusan Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia.

Vico melanjutkan, program ini  dalam rangka meningkatkan prestasi peserta didik di bidang sains, sehingga berupaya untuk dapat menghasilkan anak-anak berprestasi  di bidang Matematika, IPA hingga IPS agar mampu berdaya saing nasional maupun global.

“Melalui OSN ini, kami berharap dapat  menjadi ruang atmosfer olimpiade yang sehat dan bertumbuh  dalam budaya yang silih asih dan asuh. Dukungan segenap pihak  sangat diperlukan dalam menyiapkan peserta didik menjadi  generasi bangsa yang kelak turut andil dalam kemajuan Indonesia, khususnya Kota Palangka Raya,” pungkasnya.



Pos terkait