Disdik Palangkaraya Minta Guru Jaga Semangat Belajar Murid

society disdik
SEMANGAT : Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangkaraya Jayani, bersama para guru dalam salah satu kegiatan peningkatan kompetensi, beberapa waktu lalu.

PALANGKARAYA, radarsampit.com – Dinas Pendidikan Kota Palangkaraya mengingatkan seluruh satuan pendidikan, terutama para guru, agar terus menjaga semangat para peserta didik atau murid, dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Langkah tersebut lantaran setiap murid perlu memiliki motivasi diri, agar dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) dan dapat menangkap setiap hal yang guru ajarkan.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangkaraya Jayani mengatakan, motivasi belajar sangat penting dalam suksesnya pelaksanaan pembelajaran, baik bagi guru dan para murid.

“Motivasi belajar merupakan semangat atau dorongan selama melakukan pembelajaran yang menimbulkan semangat dalam diri para murid untuk belajar. Saya harapkan para murid memiliki motivasi belajar yang tinggi, agar memiliki hasil belajar yang lebih baik,” ujarnya, kemarin.

Ia menegaskan, dalam menjaga motivasi belajar murid, guru bisa memilih metode yang digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar. Pemilihan metode ini bisa menjadi tolok ukur apakah murid merasa jenuh atau antusias dalam kegiatan belajar mengajar.

Baca Juga :  Dikasih Obat Setelah Itu Selamat Tinggal

“Metode belajar sangat beragam, mulai dari diskusi langsung, diskusi melalui aplikasi, diskusi kelompok, dan lainnya. Selain guru, orang tua juga perlu mempelajari metode belajar, mana yang tepat untuk anak di rumah agar dapat memaksimalkan waktu belajar mereka,” papar Jayani.

Kemudian lanjutnya, memaksimalkan fasilitas pembelajaran. Misalnya dengan memanfaatkan perpustakaan dan taman sekolah untuk proses belajar agar murid tidak bosan belajar di dalam kelas.Selain itu bisa memanfaatkan laboratorium, ruang komputer, aula, masjid, dan lainnya. Begitu juga dengan fasilitas pembelajaran jarak jauh, misalnya menggunakan ruang pertemuan online.

Tak lupa Jayani menekankan pentingnya meningkatkan kualitas guru. Sebab, guru adalah sosok penting dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Menurutnya kualitas guru ini tidak hanya diukur dari penguasaan dan cara menyampaikan materi kepada murid, namun juga kemampuan guru mengerti psikologi anak.



Pos terkait