Dua Pelajar SMP Pesona Astra Tembus OPSI Tingkat Nasional

Tingkatkan Kualitas Minyak Goreng Curah dengan Bawang Dayak, Kunyit dan Jahe Merah

SMP Pesona Astra
Dua siswa SMP Pesona Astra lolos Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tingkat nasional, Kemendikbudristek pada 6 - 11 November 2023

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Dua siswa SMP Pesona Astra lolos Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tingkat nasional, Kemendikbudristek pada 6 – 11 November 2023 di Hotel Menara Peninsula, Slipi, Palmerah Jakarta Barat.

Lomba ini diadakan oleh Kemendikbudristek, pusat talenta, pusat prestasi nasional. Keberhasilan ini berkat kegigihan tim CHIPO (Children Pesona) yang diketuai oleh Alya Cecilia dan anggota Tatik Murtiningsih dengan bimbingan Nurlaila S.Pd. Mereka mengangkat penelitian yang berjudul Pengaruh Bawang Dayak, Kunyit dan Jahe Merah pada Kualitas Minyak Goreng Curah. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa tiga bahan tersebut ternyata sama efektifnya meningkatkan kualitas minyak goreng curah.

Bacaan Lainnya

SMP Pesona Astra

Penyaringan proposal oleh tim juri terbilang ketat, dari 6645 proposal yang masuk diseleksi menjadi 1800 proposal untuk bisa melanjutkan penelitian. Kemudian dari 1800 proposal yang melakukan penelitian dan mengunggah laporan penelitiannya, disaring lagi untuk diambil 100 besar yang lolos final ke Jakarta. Itu terdiri dari 35 bidang IPA, 30 bidang IPS, dan 35 bidang teknik dan rekayasa.

Baca Juga :  Minta-Minta Bermodus Timbun Jalan Marak di Jalur Lamandau

Final di Jakarta ini terdiri dari beberapa kegiatan yaitu ekspo, tes wawancara, dan presentasi. Pada kegiatan ekspo finalis diberikan stand dan both berukuran 2 m x 1 m untuk memamerkan hasil penelitiannya selama 1 hari sedangkan tes wawancara dilakukan keesokan harinya setelah finalis melakukan presentasi terlebih dahulu. Presentasi dan wawancara ini dilakukan secara tertutup hanya ada finalis dan 6 orang juri.

Penelitian tim Chipo ini mendapat dukungan dari berbagai pihak yaitu kepala SMP Pesona Astra Khoirul Adhi Sasana, S.Pd. CSR PT.GSPP Usma, S.Pd, Tim Laboratorium P.T GSPP Wilfred, Sariman dan Tim Laboratorium Research Centre Bapak Yusuf, Frida serta manajemen PT GSPP.

Keberhasilan ini menunjukkan bahwa para siswa telah memiliki sikap dan berfikir saintis yaitu menyelesaikan masalah yang mereka hadapi dengan metode ilmiah yaitu penelitian. Semoga dengan keberhasilan mereka ini mampu menjadi penyemangat kita semua bahwa semua yang dikerjakan dengan sungguh sungguh dapat membawa hasil sesuai yang telah di usahakan tersebut. (*)



Pos terkait