Dudung dan Hasto Dapat Gelar Kehormatan dari DAD

ketua dad kalteng
Ketua DAD Kalteng Agustiar Sabran s memasangkan pakaian adat Dayak kepada Sekjen PDIP Hasto Krisyanto dan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman kemarin (16/7)

PALANGKA RAYA, RadarSampit.com – Dewan Adat Dayak Provinsi Kalteng memberikan nama kehormatan kepada Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yakni Mantir Hai Panambahan. DAD juga memberikan gelar kehormatan kepada Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman, yakni Mantir Hai Panahbahan, Antang Pasihai Karambang Pulau Mandereh Danum, Hambat Nusa Hapamantai Tambuyn, Tisan Marutai Paluru Barantai, Mandui Asep Sanwa Laut. Artinya satu orang pemberani dan bijaksana serta cerdas untuk menjaga keutuhan NKRI.

Dudung juga diterima sebagai masyarakat adat Dayak Kalimantan Tengah.

Kedatangan dua tokoh itu diterima secara langsung oleh Ketua DAD Kalteng Agustiar Sabran, Dandrem, Rektor UPR, Wakapolda, Gubernur Kalteng, Wagub dan pejabat lain dari pemerintah, TNI, dan Polri di Bandara Tjilik Riwut, Sabtu (16/7).

Ketua DAD Kalteng Agustiar menyampaikan, kedatangan kedua tokoh menjadi berkah untuk Bumi Tambun Bungai. “Semoga Kalteng semakin berkah dan terus menjaga falsafah huma betang,” harapnya.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman bangga atas gelar kehormatan dari masyarakat Dayak. Ia datang ke Bumi Tambun Bungai lantaran rindu dengan masyarakat Kalteng. Kunjungan sekaligus melakukan pengecekan kepada personel TNI di Kalteng.

Baca Juga :  TRAGIS!!! Lagi Mandi, Guru Ini tiba-tiba Jatuh ke Sungai, lalu Tewas Tenggelam

“Suatu kehormatan dalam gelar adat ini. Ada konsekuensi secara pribadi menjaga masyarakat Kalteng bersatu cinta NKRI,” tandasnya.

Sekjen DAD Yulindra Dedy mengatakan bahwa pemberian gelar ini disepakati oleh DAD Kalteng dan forum Damang. Untuk Hasto Kristiyanto diberikan papeteh atau pesan dan harapan serta diangkat sebagai warga kehormatan masyarakat adat Dayak, sehingga sudah menjadi keluarga besar keluarga dari masyarakat Dayak.

Pos terkait