Fairid Naparin Minta Jajarannya Kerja Keras Tangani Karhutla

open kota palangka karhutla
APEL GABUNGAN: Wali kota Palangka Raya Fairid Naparin saat memimpin apel penanganan karhutla, baru baru ini. (Istimewa/Humas)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin meminta jajarannya seoptimal mungkin melakukan langkah pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), memasuki murim kemarau ini.

“Kita sudah lihat setiap musim kemarau selalu ada diwarnai peristiwa karhutla. Tentu ini harus menjadi perhatian, tidak hanya pemerintah daerah melalui perangkatnya, tetapi juga masyarakat untuk pro aktif mencegah terjadinya bencana karhutla,” ujarnya, kemarin.

Bacaan Lainnya

Fairid menegaskan, Pemkot sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait upaya bersama pencegahan dan penanggulangan karhutla di Kota Palangka Raya.

Seperti dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), yang terus mengoptimalkan patroli pemantauan dan pengawasan, serta kesiapan sarana dan prasarana pendukung. Termasuk pula masif melakukan sosialisasi dan edukasi waspada karhutla, maupun penegakkan hukum bagi mereka yang sengaja melakukan pembakaran lahan.

Baca Juga :  Pengurus Koperasi Laporkan Mantan Badan Pengawas

Begitupun untuk leading sektor seperti Dinas Kesehatan juga melakukan langkah persiapan di bidang kesehatan, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kita tidak berharap bencana karhutla terjadi. Karena akan banyak berdampak, baik pada perekonomian dan yang terparah adalah dampak bagi kesehatan. Seperti terjadinya Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) bagi masyarakat,” ujar Fairid.

Sementara itu tambahnya, dari sudut pandang masyarakat atau pemangku kepentingan, seperti tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat, diharapkan berperan aktif turut memberikan edukasi dan sosialisasi terkait kewaspadaan dini serta dampak buruk karhutla.“Ingat sama-sama kita cegah karhutla,” tandasnya.(daq/gus)



Pos terkait