Freezer Terbakar, Hotel Bonafit di Palangka Raya Nyaris Dilumat Habis

kebakaran hotel
BISA DIKENDALIKAN: Petugas pemadam berhasil memadamkan api yang nyaris melumat Hotel Global Express di Jalan Ahmad Yani, Senin (7/11). (DODI/RADAR SAMPIT)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Insiden kebakaran kembali terjadi di Kota Palangka Raya. Kali ini menimpa Hotel Global Express di Jalan Ahmad Yani, Senin (7/11). Bangunan bernilai miliaran rupiah itu nyaris terbakar habis.

Api muncul setelah mesin lemari pembeku makanan (freezer) di dapur terbakar dan mengeluarkan asap tebal. Petugas pemadam kebakaran merespons cepat kejadian itu dan berhasil memadamkan api. Insiden tersebut telah ditangani aparat kepolisian dengan meminta keterangan sejumlah saksi.

Bacaan Lainnya

Munculnya api diketahui ketika warga yang berada di belakang hotel tersebut melihat kepulan asap dari bagian belakang hotel. Pemadaman berlangsung sekitar 30 menit dari petugas TNI, Polri, Damkar, Rescue, BPBD Kota, Satpol PP, dan BPK Swakarsa.

”Saat kami periksa, ternyata yang terbakar lemari pembeku makanan di dapur,” kata Kepala Seksi Pengendali Operasi dan Komunikasi Penyelamatan, Bidang Penyelamatan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Palangka Raya Sucipto.

Baca Juga :  Anak Berkebutuhan Khusus Ditolak Masuk Sekolah Negeri, Ketua Cabang Bhayangkari Menangis

Sucipto menuturkan, petugas melakukan koordinasi dengan pihak hotel untuk memastikan tidak ada yang terkepung di dalam dan aliran listrik telah padam. Pemadaman dilakukan dengan cepat dan berhati-hati, karena ruangan penuh dengan asap tebal dan bau menyengat, sehingga petugas harus mengeluarkan blower penghisap asap.

Dia menambahkan, asap pekat sempat mengurangi penglihatan petugas. Namun, api tetap bisa dipadamkan dan hanya membakar lemari pendingin serta sakelar listrik sambungan. Akibat kejadian itu, pihak hotel mengalami kerugian sekitar Rp 100 juta lebih.

”Dugaan karena korsleting listrik, karena kalau yang kami lihat yang terbakar itu dari kabel freezer yang menyambung ke sakelar,” ujarnya. (daq/ign)

Pos terkait